April, Penjualan Mobil Eropa Mulai Bergairah

Kompas.com - 20/05/2013, 09:08 WIB
Salah satu lini produksi di pabrik VW di Eropa. Salah satu lini produksi di pabrik VW di Eropa.
EditorAris F Harvenda

Milan, KompasOtomotif - Setelah terpuruk hampir 19 bulan menghadapi krisis hutang, pasar mobil Eropa mulai menunjukkan gairah. Penjualan  di Jerman dan Inggris - menurut  ACEA - pada bulan lalu naik 2 persen menjadi 1,08 juta unit di bandingkan dengan periode yang sama pada 2012, yaitu 1,06 juta unit. Sedangkan untuk empat bulan pertama, penjualan turun 7 persen, 4,18 juta unit.  

Penjualan mobil di Jerman, negara dengan ekonomi terkuat di Eropa, naik 4 persen, mengakhiri lima bulan masa "paceklik".  Sedangkan di Inggris naik 15 persen, Inggris dan di Spanyol 11 persen. Prancis masih anjlok 5 persen dan Italia melempem 11 persen. 

Kinerja Merek
Pertumbuhan penjualan tertinggi diraih Grup Daimler, naik 11 persen, berkat Mercedes-Benz  dengan A-Class dan Smart naik 4 persen. Grup Volkswagen juga berhasil mendongkrak penjualan10 persen lebih banyak, terbesar dioperoleh dari Audi,naik 9 persen.

Penurunan penjualan dialami PSA Peugeot-Citroen, 10 persen, Ford 1 dan Grup BMW 3 persen dan General Motors  4 persen. Meski Opel dan Vauxhall naik 2 persen. belum cukup untuk mengubah rapor merah dan Fiat turun lagi 10 persen.

Renault naik 5 persen berkat penjualan Dacia melesat 28 persen. Sedangkan Nissan naik 7 persen, Toyota dan Hyundai menguat 2 persen. Carlos Tavares, COO Renault memprediksi, penjualan mobil di Eropa dpekirakan tahun ini turun 5 persen.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X