Tambah 2 Kantung Udara, Harga Xenia Naik Rp 2,5 juta

Kompas.com - 16/05/2013, 10:20 WIB
Xenia dengan 2 kantung udara Zulkifli BJXenia dengan 2 kantung udara
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Lagak-lagu Si Kembar, Toyota Avanza-Daihatsu Xenia selalu sama. Avanza berubah, Xenia ikut!. Itulah terjadi kemarin! Hanya, untuk pengumuman ke wartawan, sebagai kakak lebih tua, Toyota mendapatkan prioritas, melakukannya lebih awal.

X-tra Aman
Perubahan paling mendasar dan sudah banyak diberitakan adalah peningkatan keselamatan, yaitu memasang Dual Supplemental Restrain System (SRS) kantung udara (airbag) untuk pengemudi dan penumpang depan. Daihatsu mengaku, harus meningkatkan keselamatan dan kenyamanan andalannya ini karena di segmen yang sama, kompetitor yang datang belakang gencar menawarkan fitur keselamatan yang lebih baik.

Kelengkapan keselamatan lain yang ditingkatkan kinerjanya adalah sabuk pengaman jok depan. Kini, sabuk pengaman ini dilengkapi dengan pretesnsioner dan pembatas tenaga yang mengikat tubuh pengemudi atau penumpang. Kedua peranti  keselamatan ini dilengkapi pula dengan indikator di panel instrumen (sabuk pengaman hanya untuk pengemudi). Dengan tambahan baru ini, Daihatsu memberi julukan pada Xenia baru dengan X-tra Aman.

Sebenarnya, masih ada sistem keselamatan yang ditambahkan, yaitu pedal rem yang langsung patah bila mobil bertabrakan. Satu lagi adalah penahan (pelindung) berupa “pad” yang mencegah lutut langsung menghantam logam di belakang dasbor.

X-tra Nyaman
Untuk meningkatkan kenyamanan - X-tra Nyaman - komponen yang diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya adalah jok. Kini, jok dibuat lebih tebal (sebelumnya tipis, dikomplain oleh perusahaan rental), menambah peredam untuk mengurangi suara bising dan getaran. Juga ditambahkan wipe untuk kaca belakang.

Di interior, ditambahkan ornamen dengan cat silver dan lapisan krom. Bagian yang dilabur dengan cat silver adalah pinggir ventilasi AC, bagian tengah palang setir (kanan-kiri) dan bezel tombol power window. Bagian yang dilapisi krom adalah tombol rem tangan. Trim pintu ini kini menggunakan fabric dengan kualitas lebih baik.

Untuk jok, ketebalan sandaranbusa depan, bila sebelumnya 150 mm, kini menjadi 165 mm (+15 mm). Sedangkan bagian yang diduduki, semula hanya 135, kini menjadi 185 mm (+50 mm). Untuk jok baris kedua, sandaran semula 120 mm, kini menjadi 165 mm (+45 mm) dan dudukan dari 130 mm menjadi 170 mm (+40 mm).

Peredam Suara
Untuk mengurangi suara berisik dan getaran, ditambahkan peredam. Antara lain di atap, kap mesin sisi dalam dan luar pelat antara kabin dan mesin, seal spakbor dan menggunakan karpet lantai yang lebih tebal. Daihatsu mengklaim, dengan peredam baru, suara berisik bisa dikurang sampai 1,3 dB, yaitu dari 57,8 dB menjadi 56,5 dB (diukur saat mesin dihidupkan @3.600 rpm).

Dengan tambahan dan perubahan itu, Daihatsu menaikkan harga Xenia rata-rata Rp 2,5 juta. Hanya R Attivo transmisi otomatik (mesin 1.,3 liter) naik Rp 4 juta karena adanya tambahan lis berlapis krom di sekeliling kaca samping kanan-kiri luar.

Sebenarnya, awal April lalu, Daihatsu sudah menaikkan harga Xenia seperti pada tabel berikut. Untuk harga baru, tinggal ditambahkan Rp 2,5 juta untukl seluruh tipe, kecuali R Attivo transmisi otomatik, naik Rp 4 juta. 

Tipe
 (Rp) juta
D MT 1.0 Standard
133,1
D MT 1.0
138,9
MT 1.0 Standard
137,1
M MT 1.0
147,6
M MT Sporty
155,9
X MT 1.3 Standard
147,7
XMT 1.3
150,0
R MT 1.3 Standard
151,7
R MT 1.3
161,2
R MT 1.3 Sporty
170,3
R MT 1.3 Attivo
175,5
R AT 1.3
174,1
R AT 1.3 Sporty
180,4
R AT 1.3 Attivo
185,8

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X