Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembali ke F1 Bersama McLaren

Kompas.com - 16/05/2013, 15:39 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Honda Motor Company (HMC) akan kembali meramaikan ajang balap mobil paling bergengsi di dunia Formula 1. Hanya bukan sebagai peserta, tapi pemasok mesin ke tim McLaren mulai musim balap 2015, seperti yang pernah dilakukan pada 1988 sampai 1992 pada tim yang sama.

Menurut sumber internal  HMC yang dilansir Japan Today, hari ini (16/5/2013), bos Honda Takanobu Ito segera mengumumkannya pekan ini. Honda kembali ke ajang F1 setelah vakum sejak musim balap 2008, karena terhempas dampak krisis keuangan global yang terjadi waktu itu. Perusahaan dipaksa behemat salah satunya harus mundur dari kejuaraan dunia F1 yang terkenal banyak menghabiskan dana.

Honda niat balik ke balap jet darat terkait dengan regulasi baru, di mana mobil akan memakai mesin V6 1.600 cc turbo yang lebih ramah lingkungan. Dengan mengembangkan mesin khusus, nantinya bisa dengan mudah diaplikasi pada kendaraan penumpang yang  menghasilkan keuntungan buat mereka.

Kerja sama Honda dan McLaren pada 1988-1992 pernah berjaya melalui pebalap legendaris Aryton Senna dan Alain Prost. Keduanya berhasil menjadi menjadi juara dunia, meski Senna harus meninggal dunia karena kecelakaan maut di sirkuit Imola, Italia, 1 Mei 1994.

Honda memulai karirnya di ajang F1 mulai 1964 sampai 1968. Selama periode itu, hanya berhasil memenangkan dua seri. Selanjutnya sebagai pemasok mesin, Honda bekerjasama dengan McLaren, Williams dan Lotus periode 1983-1992 dan memenangkan 92 seri.

Setelah delapan tahun vakum, Honda sempat kembali sebagai pemasok mesin, kemudian membeli saham tim British American Racing (BAR) pada 2005 dan mengubahnya menjadi tim Honda mulai 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com