Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda Amerika Makin Malas Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 16/05/2013, 10:54 WIB

Detroit, KompasOtomotif - Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh US Public Interest Reasearch Group, disimpulkan, anak muda yang bersedia mengemudikan mobil di Amerika Serikat semakin berkurang, khusus untuk  2004 - 2012. Jarak tempuh perjalananyang dilakukan warga AS setiap tahun berkurang.

Hal ini sekaligus mengakhiri era "Driving Boom", jarak tempuh bermobil naik 2,5 persen setiap tahunnya. Penelitian itu juga menyimpulkan, terjadi penurunan 1 persen setiap tahun. Penyebab utama hal tersebut ternyata pengangguran terus meningkat, resesi ekonomi dan harga bahan bakar yang bertambah mahal.

Alasan lain, warga Amerika semakin urban! Diterjemahkan dengan meningkatnya penggunaan transportasi massal. Daya tarik anak muda mengemudikan mobil sendiri makin berkurang. Begitu pula dengan keinginan punya mobil sendiri di bandingkan generasi sebelumnya. Antara 2001-2009, jarak tempuh orang usia 16-34 tahun menggunakan mobil sendiri, anjlok sampai 23 persen dari 10.000 mil per kapita menjadi  7.900 mil saja.

Anak muda usia 16-24 tahun yang lulus mendapat SIM, juga turun tajam, tinggal 67 persen pada 2011, terendah sejak 1963. Para peneliti percaya, anak muda sekarang lebih memilih punya komputer, ponsel pintar yang canggih daripada mobil. Dua dari tiga mahasiswa di AS mengatakan, jika harus memilh antara punya mobil dan internet, lebih suka yang kedua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com