Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea dan China Ikut Ramaikan Program LCGC

Kompas.com - 10/05/2013, 07:25 WIB

Bekasi, KompasOtomotif - Program Pemerintah (PP) mengenai mobil murah ramah lingkungan (LCGC) statusnya masih menggantung. Hingga hari ini,  belum ada kepastian diterbitkan. Banyak mengeluh, bahkan ada yang membatalkan "booking", khususnya Agya dan Ayla. Informasi yang dberikan, selalu menyebutkan masih dalam proses atau 2 minggu lagi. Keseriusan pemerintah diuji segera memastikan PP tersebut.

"Ppemerintah serius 100 persen. Bahkan 110 persen untukprogram ini. Namun harus dipertimbangkan dengan matang. Beberapa faktor masih dalam proses penggodokan. Anda kan tau, membuat peraturan itu tidak mudah. Banyak penyesuaian yang melibatkan banyak pihak seperti DPR dan para menteri sebelum diputuskan. Jangan khawatir, PP itu pasti bergulir tak lama lagi!" tegas Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, di sela-sela peresmian pabrik General Motors Indonesia, di Pondok Ungu, Bekasi, Rabu kemarin (8/5).

Pada kesempatan sebelumnya KompasOtomotif telah mengabarkan, Menteri Perindustrian, Riset dan Teknologi, ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Keuangan, dan Perekonomian sudah menandatangani. Dengan persetujuan lima menteri terkait yang ikut menyusun regulasi LCGC, saat ini draf sudah berada di Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Selain Toyota dan Daihatsu yang terlebih dulu memproklamirkan model mobil murah, lanjut Budi Darmadi, beberapa produsen merek Jepang lainnya sudah memastikan meramaikan program tersebut. Bahkan juga sudah ada produsen dari Korea dan China.

Program tersebut diperkirakan bakal menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil di Tanah Air. "Diperkirakan tahun ini penjualan akan mencapai 1,2 juta unit dan paa 2018 akan tembus 2 juta," tutup Budi Darmadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com