Astra Group Perusahaan Paling Dikagumi

Kompas.com - 03/05/2013, 06:59 WIB
Prijono Sugiarto (kiri) menerima penghargaan dari Agung Adiprasetyo. Prijono Sugiarto (kiri) menerima penghargaan dari Agung Adiprasetyo.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra International Tbk (Grup Astra) memperoleh penghargaan "The Best 20 of Most Admired Companies in Indonesia" untuk The First Winner in Cross-Sector Industry pada acara Fortune Indonesia Most Admired Companies 2013 di Atrium Hall Sampoerna Strategic Square Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Tiga perusahaan yang berada di bawah Astra, meraih penghargaan yang sama, yaitu PT Astra Otoparts Tbk sebagai The Second Winner in Multi Industry, PT Astra Agro Lestari Tbk untuk The First Winner in Agriculture Industry dan PT United Tractors Tbk memperoleh The First Winner in Trading and Services Industry.

Prijono Sugiarto, Presdir Grup Astra dalam keterangan resminya, kemarin (2/5/2013), mengatakan, kunci keberhasilan Astra terus tumbuh karena  menjalankan filosofi Catur Dharma. Filosofi tersebut digunakan sebagai perekat, menyatukan 186.000 karyawan dari 173 perusahaan sebagai keluarga besar.

Empat butir yang terkandung dalam filosofi Catur Dharma adalah, Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara, Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan, Saling Menghargai Individu dan Membina Kerjasama serta Senantiasa Berusaha Mencapai Yang Terbaik. Selain itu dengan pendekatan 3W (Winning Concept, Winning Team dan Winning System) membuat manajemen Grup Astra semakin kompak dan kuat.

Chief Executive Officer (CEO) Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo mengatakan, penghargaan ini mendorong perusahaan Indonesia lebih diakui kebesarannya di tingkat global. Untuk merumuskan penghargaan ini, Fortune Indonesia menggandeng Hay Group Indonesia untuk melakukan survei dari 20.000 responden di Indonesia.

Survei dilakukan dari 1 September 2012  sampai 31 Januari 2013. Responden diminta memilih tiga perusahaan yang paling mereka kagumi di setiap sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan 9 kriteria: kualitas manajemen, kualitas produk atau jasa, inovasi, nilai investasi jangka panjang, posisi keuangan, kemampuan menarik, mengembangkan dan mempertahankan karyawan berpotensi, bertanggung jawab terhadap komunitas dan lingkungan, bijaksana dalam penggunaan aset perusahaan dan efektif menjalankan bisnis di tingkat regional dan global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.