Ternyata, Matik Suzuki Ertiga Diciptakan Khusus Indonesia

Kompas.com - 02/05/2013, 14:03 WIB
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Transmisi otomatis yang dipakai Suzuki Ertiga merupakan produk yang benar-benar baru dan dibuat khusus untuk pasar Indonesia. "Memang mesinnya memakai tipe yang sama dengan Swift, K14B, tapi untuk transmisi kita tidak menggunakan model serupa," ungkap Davy Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan Dealer 4W, Suzuki Indomobil Sales (SIS), usai acara test drive Ertiga matik, kemarin (1/5).

Di negara asalnya, India, menurut Davy, namun banyaknya permintaan transmisi matik di Indonesia,  akhirnya Suzuki menciptakan yang desainnya disesuaikan karakter dan kebutuhan konsumen di Indonesia. Bahkan varian ini juga diekspor ke Thailand sejak diperkenalkan pada Bangkok Motor Show Maret lalu.

"Sesuai dengan slogan kami, lebih mengerti keluarga, maka transmisi otomatis 4 percepatan yang kami pasang menggunakan model konvensional. Alasannya, untuk memudahkan para keluarga baru atau pengguna pertama matik agar mudah beradaptasi," tambahnya.

Bentuknya cukup sederhana (bukan model gate seperti Swift) dan kompak karena mengikuti dimensi dari konsol tengah yang mungil. Kendati sederhana, SIS memberikan beberapa kelengkapan pengaman. Umumnya matik, untuk memindahkan tuas (semisal dari "D" ke gigi 2 saat jalan atau ke R hendak mundur) bisa dilakukan langsung. Sementara pada MPV segmen terbawah ini harus menekan tombol (tak mudah dipindahkan).

Lalu,  ada tombol shift lock. Fungsinya, pemilik mobil bisa tenang saat parkir paralel. Karena, ketika kunci kontak dicabut, dengan menekan tombol itu, tuas bisa diposisikan pada netral. Selain itu, ada indikator informasi posisi gigi yang terdapat pada layar di panel utama.

SIS juga melakukan kampanye edukasi mengenai penggunaan transmisi otomatis yang baik dan benar sesuai peruntukkannya. Terlebih terhadap pelanggan yang baru menggunakan model matik. Edukasi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat minimnya pengetahuan. Termasuk juga penjelasan mengenai perawatan diinformasikan supaya konsumen tetap bisa menikmati kenyamanan berkendara dalam jangka waktu yang lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.