Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Matik Suzuki Ertiga Diciptakan Khusus Indonesia

Kompas.com - 02/05/2013, 14:03 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Transmisi otomatis yang dipakai Suzuki Ertiga merupakan produk yang benar-benar baru dan dibuat khusus untuk pasar Indonesia. "Memang mesinnya memakai tipe yang sama dengan Swift, K14B, tapi untuk transmisi kita tidak menggunakan model serupa," ungkap Davy Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan Dealer 4W, Suzuki Indomobil Sales (SIS), usai acara test drive Ertiga matik, kemarin (1/5).

Di negara asalnya, India, menurut Davy, namun banyaknya permintaan transmisi matik di Indonesia,  akhirnya Suzuki menciptakan yang desainnya disesuaikan karakter dan kebutuhan konsumen di Indonesia. Bahkan varian ini juga diekspor ke Thailand sejak diperkenalkan pada Bangkok Motor Show Maret lalu.

"Sesuai dengan slogan kami, lebih mengerti keluarga, maka transmisi otomatis 4 percepatan yang kami pasang menggunakan model konvensional. Alasannya, untuk memudahkan para keluarga baru atau pengguna pertama matik agar mudah beradaptasi," tambahnya.

Bentuknya cukup sederhana (bukan model gate seperti Swift) dan kompak karena mengikuti dimensi dari konsol tengah yang mungil. Kendati sederhana, SIS memberikan beberapa kelengkapan pengaman. Umumnya matik, untuk memindahkan tuas (semisal dari "D" ke gigi 2 saat jalan atau ke R hendak mundur) bisa dilakukan langsung. Sementara pada MPV segmen terbawah ini harus menekan tombol (tak mudah dipindahkan).

Lalu,  ada tombol shift lock. Fungsinya, pemilik mobil bisa tenang saat parkir paralel. Karena, ketika kunci kontak dicabut, dengan menekan tombol itu, tuas bisa diposisikan pada netral. Selain itu, ada indikator informasi posisi gigi yang terdapat pada layar di panel utama.

SIS juga melakukan kampanye edukasi mengenai penggunaan transmisi otomatis yang baik dan benar sesuai peruntukkannya. Terlebih terhadap pelanggan yang baru menggunakan model matik. Edukasi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat minimnya pengetahuan. Termasuk juga penjelasan mengenai perawatan diinformasikan supaya konsumen tetap bisa menikmati kenyamanan berkendara dalam jangka waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com