Mobil Hidrogen Toyota Dibanderol Rp 500 Juta!

Kompas.com - 01/05/2013, 10:06 WIB
Toyota siap memasarkan mobil hidrogen fuel cell berbasis konsep FCV-R. Toyota siap memasarkan mobil hidrogen fuel cell berbasis konsep FCV-R.
EditorAris F Harvenda

Los Angeles, KompasOtomotif - Para insinyur Toyota telah menghitung harga mobil bertenaga hidrogen atau fuel cell bila nantinya dijual ke publik. Diperkirakan, harganya nanti  berkisar seperdua puluh dari biaya untuk membuat prototipe. 

Chris Hostetter, Vice President Grup-Strategic Planning Toyota Motor Sales AS mengatakan, saat ini harga satu prototipe mobil fuel cell mencapai 1 juta dolar AS (Rp Rp 9,7 miliar). Mobil ini  sudah dikembangkan beberapa tahun sebelumnya dan ditargetkan bisa dijual paling cepat 2015, dengan banderol berkisar 50.000 dolar AS (Rp 486 juta) per unit.

Produksi Massal
Toyota berharap bisa menjual mobil hidrogen di AS, seiring dengan berlakunya mandatori Badan Sumber Daya Udara California (Carbs). Sampai kini, Toyota masih melakukan pengujian terhadap 100 unit prototipe dengan menggunakan Highlander di AS. Hasil pengujian, sekali tangki diisi penuh hidrogen bias untuk menempuh  jarak sampai 440 mil atau 708 km.

Dijelaskan, untuk produksi massal, Toyota sudah menyiapkan model baru, desain dan dimesninya mirip Prius. Bentuknya, disebut juga mirip dengan konsep FCV-R yang dipamerkan di Tokyo Motor Show, 2011 lalu. Versi terbaru dari konsep FCV-R akan  dipamerkan di Tokyo, November 2013.

Toyota juga masih memikirkan kendala mobil ini, yaitu infrastruktur yang masih minim, yaitu stasiun pengisian hidrogen. Lokasi pertama  mobil ini dipasarkan adalah Kalifornia dan New York. Di kedua negara bagian tersebut sudah tersedia tempat pengisian hidrogen.

Pemerintah negara bagian Kalifornia semula berencana membangun 60 pusat pengisian hidrogen. Namun sampai kini, baru separo yang bisa dibangun. Chris menilai, New York jadi satu-satunya wilayah di Amerika Serikat yang bisa mendorong pasar mobil hidrogen berkembang karena infrastrukturnya lebih siap.

Meski hanya mengandalkan dua wilayah tersebut, Toyota yakin penjualan mobil hidrogen akan bisa menyamai Prius saat pertama diperkenalkan di Amerika Serikat dan 11.000 unit  pada tahun 2000. Mobil ini ditargetkan bias dijual 2.000 unit saat pertama kali diluncurkan!
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.