Pasar SUV dan Mobil Kecil Makin Membesar di Indonesia

Kompas.com - 01/05/2013, 08:10 WIB
Joko Trisanyoto (ketiga dari kiri) bersama KompasOtomotif dan rekan media lainnya berada satu mobil. Berpose di depan Kebun Binatang Surabaya Joko Trisanyoto (ketiga dari kiri) bersama KompasOtomotif dan rekan media lainnya berada satu mobil. Berpose di depan Kebun Binatang Surabaya
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif -  MPV, diperkirakan masih pilihan utama konsumen mobil nasional sampai satu dekade ke depan. Kendati demikian, akan terjadi peningkatan besar untuk mobil kompak sampai mobil kecil, termasuk mobil kota (city car) yang memanfaatkan program pemerintah, LCGC.

"Setelah LCGC keluar, segmen mobil kompak akan membesar penjualannya di Indonesia. Dari situ kemudian masih ada SUV yang belum tergarap maksimal," komentar Joko Trisanyoto, pengamat otomotif nasional di Jakarta Selatan, kemarin (30/4/2013).

Menurutnya, LCGC mengincar pengguna sepeda motor. Potensinya luar biasa dan bakal mengisi posisi kedua di bawah MPV yang masih dominan. Cuma, karena tipisnya karakter konsumen di antara ketiga segmen tersebut (hatchback, city car dan LCGC), salah satunya akan hialng.

"Paling berat, city car, karena dijepit dua segmen yang relatif dominan nantinya," beber Joko.

SUV
Potensi SUV lumayan besar, terutama segmen bawah yang sampai kini masih relatif sedikit pemainnya, yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Nissan Juke, Suzuki SX-4, dan Chery Tiggo. Padahal total pasar SUV lbawa sepanjang tahun lalu mencapai 67.180 unit. Tahun ini, dipastikan beberapa pemain baru juga masuk, yaitu Ford EcoSport dan Renault Duster.

"Kalau SUV itu karakter konsumennya agak mirip dengan MPV. Pasarnya masih bisa lebih besar lagi" lanjut Joko yang baru saja pensiun dari Toyota Astra Motor.

Untuk SUV medium, pasarnya lumayan padat! dan didominasi oleh merek-merek Jepang dengan ttal penjualan 67.180 unit pada 2012. Model-model yang bermain di segmen ini adalah Honda CR-V, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, Trail Blazer, Suzuki Grand Vitara, Ford Everest, Mazda CX-5, CX-7, Hyundai Santa-Fe, Tucson, Mitsubishi Outlander, Pajero Sport, BMW X1, Kia Sportage dan Sorento. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.