VW Pastikan Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 29/04/2013, 10:11 WIB
Budi Darmadi (keempat dari kiri) bersama Gita Wirjawan (saat itu Ketua BKPM) bersama direksi Indomobil mengumumkan rencana VW mendirikan pabrik di Indonesia Zulkifli BJBudi Darmadi (keempat dari kiri) bersama Gita Wirjawan (saat itu Ketua BKPM) bersama direksi Indomobil mengumumkan rencana VW mendirikan pabrik di Indonesia
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – VW, produsen  mobil terbesr Jerman yang bertekad menjadi #1 di dunia pada 2018, menurut Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknoligi Tinggi dari Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, dipastikan akan mendirikan pabriknya di Indonesia tahun depan. Hal tersebut dikemukan Budi Darmadi ketika bertemu dengan KompasOtomotif di Bandara Soekarno-Hatta saat menunju Jepang bersama 10 anggota DPR dari Komisi VI pada 22 April lalu (minggu lalu).

VW yang sudah merencanakan mendirikan pabrik di Indonesia sejak 2009, pada tahap awal mengalami kesulitan untuk mewujudkan rencananya. Khususnya untuk mendapatkan pemasok atau vendor komponen sesuai dengan standar kualitas merek tersebut. Budi mengatakan, persoal tersebut sudah tidak ada lagi. "Semua sudah siap," tegas Budi. Ditambahkan, Kratau Steel juga siap memasok pelat baja khusus untuk bodi mobil yang dibuat di Indonesia.

Ketika ditanya tentang keberangkatan ke Jepang, Budi menjelaskan untuk studi banding bersama dengan ketua dan beberapa anggota DPR dari Komisi VI. "Melakukan revisi perbandingan undang-udang industri," jelaskan.

"Kita ingin memperbaiki undang-undang industri elektronika dan otomotif. Tujuan agar para industriawan Jepang  mau berinvestasi di Indonesia. Misalnya dengan menawarkan insentif,” jelas Drs. H Darul Siska, Staf Khusus Menteri dari Kementrian Perindustrian yang ditemui  Sabtu lalu (27/04/2013) di Bandara Narita, Jepang saat kembali ke Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.