Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley Davidson Rakitan India Makin Banyak

Kompas.com - 05/03/2013, 07:32 WIB

New Delhi, KompasOtomotif – Pasar sepeda motor India yang sangat besar membuat Harley-Davidson (HD) bernafsu untuk menikmatinya lebih banyak lagi. Karena itu pula, HD yang dijual di India tidak lagi diimpor secara utuh (CBU), tetapi dirakit diimpor dalam bentuk Compeletely Knock Down (CKD). Jumlah model CKD pun bertambah, dari enam menjadi sembilan.Tiga tambahan baru adalah adalah Fat Boy, Fat Boy Special dan Heritage Softail Classic.

Dengan CKD, harga makin terjangkau atau bisa ditekan sampai 20 persen. Di lain, pemerintah India juga menaikkan pajak impor produk impor jadi dari 60 persen menjadi 75 persen mulai 2013. 

Menurut Anoop Prakash, Managing Director Harley-Davidson India, rencana panjang sudah dirancang jauh sebelumnya. ”Sejak 2009, Harley Davidson membangun pabrik perakitan di Bawal, Haryana. Kami konsisten untuk terus menambah model yang dirakit secara lokal. Buktinya, tiga  model ini,” katanya yan dikutip Indian Express.

Juga dijelaskan, kemungkinan akan dirakit lagi model turingdan diharapkan penjualan HD akan naik dua kali lipat. Saat ini, HD menjual 12 model di India dengan penjualan rata-rata per tahun sekitar  2.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com