Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vista, Bayi Pertama Tata di Indonesia

Kompas.com - 21/02/2013, 19:21 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Tata Motors Indonesia (TMI) bersiap-siap melahirkan anak pertamanya di Tanah Air, yang diperkirakan nongol pada awal semester kedua tahun ini. Berdasarkan sumber yang diperoleh KompasOtomotif, bayi pertama itu bukan Nano.

"Model yang dijual pertama kali oleh TMI di Indonesia bukan Nano, melainkan small hatchback," jelas sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Dikatakan, langkah tersebut diambil karena pertumbuhan segmen small hatchback saat ini meningkat pesat. Apalagi jika program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) disetujui pemerintah. Pasar di segmen tersebut akan booming

CBU
Melihat tren tersebut,TMI akhirnya memutuskan memasarkan hatchback kecil yang didatangkan langsung dari India (CBU). Berdasarkan penelusuran KompasOtomotif langsung di situs resmi Tata Motors dan produk yang mejeng di IIMS 2012 lalu adalah Vista.

Model ini dimensinya sedikit lebih besar dari Toyota Yaris atau Honda Jazz, tetapi menggunakan mesin 1.248 cc. Di negara asalnya, Indica Vista dijual 410.659 rupee atau sekitar Rp 73 juta. Dengan mesin tersebut, Vista diharapkan TMI akan berhadapan dengan Daihatsu Sirion, Honda Brio, Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, Nissan March, Chevy Spark, dan Suzuki Splash.

Di Indonesia, karena harus ditambahkan dengan beragam pajak, antara lain bea masuk, pertambahan nilai, barang mewah, dan pajak konsumsi (witholding tax), total pajak yang harus ditanggung mencapai 42,5 persen. Perkiraan harga bisa menjadi Rp 104 juta. Itu pun belum termasuk ongkos kirim dan asuransi pengiriman dari India. Harga tersebut masih tergolong murah jika dibandingkan dengan Kia Picanto, Nissan March, Honda Brio, ataupun Mitsubishi Mirage yang dijual di atas Rp 130 juta.

Nasib yang sama juga akan terjadi pada Nano, yang dikabarkan bakal diluncurkan beberapa waktu kemudian. Dengan harga acuan di India, tipe termahal, yaitu 200.360 rupee (Rp 35 juta), akan membengkak jadi sekitar Rp 50 juta.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com