Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Merasakan Chevrolet Spin

Kompas.com - 20/02/2013, 18:51 WIB

Bekasi, KompasOtomotif – Pada Sneak Preview Chevrolet Spin di Pondok Ungu, Bekasi kemarin (19/2), wartawan otomotif nasional diberi kesempatan menjajal MPV tujuh penumpang. KompasOtomotif langsung mencoba sebagai penumpang.

Tiga kali KompasOtomotif berpindah tempat, sebagai penumpang jok depan, tengah, dan belakang. Kesan awal, terasa nyaman. Spin menyediakan ruang cukup besar untuk kaki dan kepala. Sebagai penumpang depan, tidak ada masalah, jok ergonomis dapat memeluk badan dengan nyaman.

Di depan pengemudi, terdapat kantung udara. Dijelaskan, kelengkapan keselamatan ditanamkan pada semua tipe. Bahan bahan dasbor dan panel pintu berkualias cukup baik.  

Di kanan - wartawan tidak diizinkan menyetir - desain panel instrumen tampil menarik. Setir bergaya sporti  khas Chevrolet masa kini. Tombol lampu berada di dasbor. Untuk mengatur kaca spion, tombolnya ditempatkan di panel pintu. 

Saat mencoba sebagai penumpang tengah, jok terasa agak rendah sehingga kaki sedikit ”nangkring”. Penumpang dengan postur di atas 170 cm harus rela mengangkat kaki sedikit, meski ruang antara jok tengah dan depan cukup luas.

Di luar kebiasaan, jok tengah dirancang dengan konfigurasi 60-40. Bagian yang pendek berada di sisi kiri. Padahal, untuk melipat jok tengah yang berukuran lebih pendek, biasanya dilakukan dari kiri, sesuai kebiasaan orang Indonesia, naik dari kiri. 

Jok paling belakang terasa sempit, hanya cocok untuk anak-anak atau penumpang dengan tinggi  tidak lebih dari 160 cm. Posisi jok juga rendah, sama dengan baris kedua.

Double Blower
Untuk kenyamanan penumpang, GM melengkapi Spin dengan AC blower ganda. Untuk mengalirkan udara dingin melalui atap, digunakan empat lubang bulat yang bisa diatur arah dan kekuatan hembusannya: dua di tengah, dan dua di belakang. Dengan rancangan seperti ini, ruang untuk kepala tidak ”tersita" oleh panel AC tambahan. 

Ketika dites sebentar pada permukaan jalan bergelombang berukuran besar dan kecil (di depan dan samping), suspensi terasa agak keras. Namun saat penumpang penuh, menjadi mantap! 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com