Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Indonesia Siap Mendunia dari Bekasi

Kompas.com - 19/02/2013, 17:10 WIB

Bekasi, KompasOtomotif — PT General Motors (GM) Indonesia mengenalkan fasilitas pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, yang dipakai untuk memproduksi MPV B-segment Chevrolet Spin, hari ini (19/2). Investasi 150 juta dollar AS kini berwujud bangunan pabrik yang berdiri di area 58.000 meter persegi dan tercatat sebagai yang keempat dimiliki GM di Asia Tenggara, setelah dua di Thailand dan satu di Vietnam.

Di pabrik ini akan lahir ”bayi-bayi” Chevrolet Spin dengan kapasitas produksi mencapai 40.000 unit dalam setahun. Jumlah itu tak hanya untuk memenuhi pasar Indonesia. Pabrik yang berada 16 kilometer dari Jakarta itu juga akan memenuhi kebutuhan ekspor ke negara-negara Asia Tenggara dengan produk yang sama.

Martin Apfel, Presiden GM Shouteast Asia Operations, mengatakan dengan bangga bahwa apa yang sudah dilakukan untuk mengembangkan fasilitas pabrik ini sudah terwujud berkat kerja keras berbagai pihak. ”Pada 2010, saat kali pertama saya melihat fasilitas pabrik, banyak ditemukan ular. Kini kami punya pabrik berkelas internasional dari Bekasi,” urainya.

Fasilitas produksi dilengkapi peralatan, bengkel, press shop, pengecatan, dan gudang. Proses manufaktur terkini juga sudah diadopsi, dengan tata ruang serta peralatan paling praktis yang telah diterapkan GM.

Pelatihan 200 jam

Untuk menjalankan pabrik besar, GM Indonesia tidak sembarangan. Setiap tenaga kerja diseleksi dan diberi pelatihan khusus selama 200 jam. Bahkan, beberapa karyawan sudah menjalani pelatihan di pabrik GM di Korea, China, Thailand, dan Brasil.

”Fokus tinggi pada pelatihan akan membantu para karyawan merakit kendaraan dengan kualitas terbaik. Kami tentu ingin menghadirkan pengalaman positif untuk para karyawan, pekerja, dan konsumen Indonesia dengan produk Spin,” kata Marcos A Purty, Presiden Direktur GM Indonesia.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com