Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Ford Everest 2014

Kompas.com - 23/01/2013, 10:55 WIB

Delhi, KompasOtomotif - Ford lewat program globalnya, One Ford, mengkonfirmasi akan menghadirkan 8 produk baru hingga petengahan dekade ini (2015). Satu dari kedelapan model tersebut adalah pengganti Endeavour yang kalau di Indonesia atau dunia bernama Everest, seperti yang ditulis Indianautosblog  (22/1). Kendaraan ini bergenre wagon 5 pintu berbasis pikap Ranger yang pada 2010 tampil dengan perubahan total.

Generasi terbaru SUV diesel 7 penumpang ini pun, sebagian besar besar komponennya menggunakan Ford Ranger T6 baru. Langkah seperti ini sudah dilakoni sejak Endeavour hadir 2006. Dan pengembangan Everest baru di bawah bimbingan Todd Hoevener, Spesialis SUV Ford yang juga mengembangkan Ekplorer.

Desain barunya akan berubah total dengan mengedepankan aerodinamis sehinga tidak terkesan mengotak dan kaku. Tapi, volume kabin tetap jadi perhatian dengan konfigurasi jok 3 baris, sehingga bisa menampung 7 penumpang. Trus, jok baris ketiga  bisa dilipat membuat ruang bagasi tambah luas.

Mengenai mesin tampaknya sama seperti yang berada di ruang mesin Ranger, yakni  2.2L, 2.5L dan 3.0L turbo diesel common rail injection (TDCI). Pemindah tenaga disediakan pilihan manual dan otomatis 6 percepatan. Sedangkan untuk sistem gerak roda ada 4x2 dan 4x4.

Ada sedikit perubahan di bagian kaki-kaki, seperti  depan yang sebelumnya model torsi jadi coil over. Sedangkan belakang yang per daun  - belum ada konfirmasi diubah atau tidak -  informasinya akan jadi lebih baik. Sistem kemudi rack and pinion ditingkatkan agar respon setir lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com