Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Xeon RC Semakin Lincah!

Kompas.com - 10/01/2013, 10:39 WIB

Bogor, KompasOtomotif - Banyak yang menganggap, Xeon RC cuma penyegaran wajah. Kenyataannya, Yamaha justru melakukan modifikasi "lahir-bathin". Salah satunya, mesin kini mengadalkan sistem injeksi khas Yamaha, YMJET-FI.

Setelah diluncurkan di Pulo Gadung, Jakarta Timur, kemarin (9/1/2013), Yamaha Indonesia langsung mengajak puluhan jurnalis untuk menjajal skutik ini di Sirkuit Karting, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Lengan tunggal
Sosok Xeon RC kini lebih ramping dan atletis dengan garis bodi tajam. Lampu depan sedikit oval, agar mirip dengan Mio Soul lama dengan perpaduan lampu sein menempel pada kedua sisi. Ukuran bagasi tidak berubah, cukup untuk menyimpan satu helm half face.

Kini digunakan lengan ayun tunggal menjadi tumpuan satu peredam kejut. Hasilnya, bobot Xeon RC berkurang 3 kg. Pencerahan dilakukan terhadap kombinasi warna bodi, kini lebih dinamis.

Saat duduk di joknya, terasa nyaman. Kini Xeon RC dibekali pengunci rem pada tuas sebelah kiri. Saat kontak "on", lampu kuning (injeksi) dan merahpada panel meter berkedip.

Lincah
Sebelum masuk ke lintasan, peserta diminta mengitari halaman luar sirkuit untuk mencoba beberapa rintangan untuk menguji kelincahannya. Ternyata, skutik ini meliuk-liuk dengan mudah menindari kerucut yang disusun berjejeran. Pengendalian lebih baik, sama Soul GT.

Saat menguji di lintasan sirkuit, cuaca kurang bersahabat, hujan deras, sesekali dibarengi kilatan petir. Pengujian tidak bisa dilakukan secara maksimal. Bahkan ada wartakan, karena memaksakan, akibatnya tergelincir di trek yang tergenang air.

Kesan yang diperoleh, akselerasi Xeon RC lumayan, hampir sama dengan kompetitor. Ketika gas dibuka penuh pada lintasan lurus, jarum  speedometer menyentuh 70 kpj. Waktu diajak menikung - harus hati-hati karena permukaan lintasan tidak rata dan basah - tidak terlalu sulit. 

Kesimpulan
Xeon RC adalah "flagship" Yamaha di segmen skutik atas. Daya tarik baru, kalau semula dibanderol Rp 16,05 juta, kini Rp 15,1 juta.

"Konsumen akan menilai sendiri. Harga tidak dinaikan namun kelebihan bertambah," jelas Dyonisius Beti, Vice President Director, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com