Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Mengangkang di Sepeda Motor Justru Lebih Aman

Kompas.com - 04/01/2013, 13:24 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana Pemerintah Kota Lhokseumawe melarang penumpang wanita duduk mengangkang pada sepeda motor dinilai tidak memikirkan unsur keselamatan. Posisi menyamping, justru bisa memicu kecelakaan, khususnya pada situasi darurat.

Ketua Umum Road Safety Association, Edo Rusyanto mengatakan, posisi duduk mengangkang sampai saat ini paling ideal untuk membantu keseimbangan saat berada di atas sepeda motor. Antara pengendara dan pembonceng harus "menyatu". Dengan demikian, ketika terjadi goncangan atau direm mendadak, si penumpang tidak terlontar.

"Keseimbangan pengemudi denganyang dibonceng mutlak," tegas Edo kepada KompasOtomotif, hari ini (4/1/2013). "Kalau dilarang duduk mengangkang, alasannya apa? Butuh kajian mendalam sebelum membuat perturan, termasuk uji publik," beber Edo.

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya melontarkan wacana membuat peraturan, melarang duduk mengangkang bagi wanita yang dibonceng. Tujuannya, untuk menghindari letupan syahwat pria melihat wanita duduk mengangkang di atas sepeda motor.

Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menambahkan, secara teknis duduk menyamping akan membahayakan wanita karena lebih gampang terjatuh. Bagi pengendara akan mengurangi keseimbangan karena beban akan condong ke posisi kaki penumpang yang menyamping.

"Kaki pembonceng akan keluar dari motor dan duduk posisi menyamping dengan kepala menghadap depan, juga tidak ergonomis," jelas Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com