Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rusia Datsun Gunakan Platform Lada

Kompas.com - 31/12/2012, 16:26 WIB

Moskwa, KompasOtomotif - Executive Vice President Nissan Eropa, Colin Dodge mengatakan, mobil murah Datsun akan diproduksi dengan platform Lada (merek asli Rusia). "Salah satu yang digunakan adalah generasi baru Lada Kalina," jelas Colin yang dilansir Automotive News Europe, akhir pekan lalu. 

Dijelaskan, Datsun akan memanfaatkan komponen seperti setir, rem, dan sistem injeksi yang digunakan Lada. Kendati demikian, desain mobil berbeda. Selain Rusia, Datsun menyambangi konsumenIndia, Indonesia dan negara berkembang lainnya di awal 2014.

"Bodi dan interior berbeda total.Anda tidak akan mengetahui kalau itu platform Lada," beber Colin.

Penanggung Jawab proyek Datsun, Vicent Cobee mengatakan, akan meluncurkan dua model lebih dulu pada 2014 dan menyusul satu model lain setahun kemudian (2015). Harga termurah Datsun, seperti yang dikemukakan Carlos Ghosn, mulai 3.000 dollar AS (Rp 28,9 juta) dan akan bersaing dnegan merek  asal China.

Di Rusia, Datsun diproduksi pada pabrik AvtoVAZ di Togliatti, 800 km di luar kota Moskwa,  tempat merakit Lada dan Nissan Almera.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com