Kompas.com - 23/12/2012, 14:43 WIB
NAV1 beranjang sana ke Keraton Kasepuhan NAV1 beranjang sana ke Keraton Kasepuhan
EditorAris F Harvenda

Kuningan, KompasOtomotif - Cara PT Toyota Astra Motor memberi kesempatan kepada jurnalis merasakan berkendara dan kenyamanan produk terbaru NAV1(kependekan dari Navigator One), agak sedikit lain dari biasanya. Rute tesdipilih Cirebon-Kuningan-Cirebon, Jawa Barat, 18-20 Desember 2012.

Menariknya, untuk sampai ke Kota Udang, rombongan diangkut dengan keretaapi wisata sebanyak tiga gerbong. Dalam kegiatan "Journalist Test Drive" ini, TAM yang mnyediakan 6 unit(terdiri dari 4 unit tipe V dan 2 unit tipe G), rupanya betul-betul inginmengejawantahkan NAV1 sesungguhnya. Sebagai MPV (multi purpose van) 7-seater, NAV1 tak cuma enak dilihat (tampilan modern), tapi juga memilikifasilitas kenyamanan premium, sehingga dapat menciptakan nuansa yang enaksaat berkendara, terutama bagi keluarga modern dalam bepergian wisata.

Makanya, dalam tes dua hari itu, Toyota mengajak wartawan mengunjungi dua obyek wisata di Cirebon, yakni Museum Linggarjati dan Keraton Kasepuhan.Juga ada wisata kuliner di Kelapa Manis Resto dan pulangnya mampir BatikTrusmi.

Pandangan luas

Meski jarak tes terbilang dekat, KompasOtomotif  memanfaatkan secara maksimal. Di hari pertama, dengan enam personil sengaja memilih jadi penumpang bangku baris ketiga dengan varian G. Untuk masuk, ada dua cara, yakni merebahkan sandaran atau melalui tengah (tapi agak sempit, pas buat anak-anak).

Ketika melintasi jalan yang rapat tikungan, suspensi belakang model torsi beam mampu meredam gejala bodi oleng sangat kecil. Hanya, bantingan terasa sekali, mungkin ini dikarenakan tekanan angin ban. Dady Hendradi, komandanTechical Service Division -Training Department TAM membenarkan tekanan angin sedikit melebihi standar. Setelah disesuaikan, bantingan punberkurang.

Pindah ke bangku baris kedua, goyangan maupun bantingan hampir tak terasa. Sekalipun sempat disopiri wanita yang manuvernya sedikitkasar, masih tetap nyaman. Apalagi, di kedua bangku ada sandaran tangan(hand rest),

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, duduk di jok depan. Pandangan ke depan sangat luas, boleh jadi karena permukaan dasbor yang rata (flat). Untuk penumpang yang berbadantambun dengan tinggi di atas 168 cm harus memundurkan setelan jok, minima lsampai tigaperempet agar kedua kaki (mulai batas tulang kering ke bawah) bisa bergerak bebas. Karena, ruang kaki agak tersita adanya "benjolan".

Valvematic

Pada hari kedua, KompasOtomotif berada di belakang kemudi tipe paling mewah (varian V) dengan keunggulan, ada sensor parkir dan "smart & entry" sistem keyless. Tak cuma itu, nuansa "fun to drive" yang diklaim Toyota betul-betul terasa dengan kedua tangan bersandar sambil menggengam setir berkat adanya fitur steering switch (bisa dinaik-turunkan dan dimaju-mundurkan).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X