Edan! Bugatti Super Veyron 0-100 Km di Bawah 2 Detik

Kompas.com - 16/11/2012, 15:21 WIB
Ilustrasi Bugatti Super Veyron

Alsace, KompasOtomotif — Bugatti akhirnya merilis spesifikasi terbaru Super Veyron yang menggendong mesin berdaya 1.600 PS, seperti yang diberitakan Autocar kemarin (15/11). Rencananya, penampilan perdana calon supercar tercepat di dunia ini akan dilangsungkan di Frankfurt Motor Show, September 2013.

Tenaga besar tersebut masih berasal dari mesin yang sama, quad-turbo W16. Hanya, kapasitasnya meningkat dari 8,0 jadi 9,6 liter dan ditambah motor listrik. Jika Super Sport (1.183 PS) mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 2,4 detik, maka Super Veyron mempertajam catatan waktu menjadi 1,8 detik. Kecepatan maksimum yang dicapai 464 kpj (Super Sport 431 kpj).

Selain ubahan pada jantung pacu, Jens Schulenburg, Kepala Teknisi Bugatti, juga melakukan penyesuaian pada body. "Tantangan paling besar adalah bagaimana mengurangi bobot kendaraan. Kami coba mengaplikasikan beberapa teknologi terbaru, termasuk menggunakan pelek berbahan serat karbon," kata Jens. Hasilnya, berat berkurang hingga 250 kg dan posturnya lebih ceper.

Selain bobot, desain body juga ikut dirancang kembali untuk meminimalkan tahanan angin. Bagian depan, misalnya, memiliki model gril lebih mini, sedangkan lubang angin di bemper model kotak, mirip air dam Lamborghini. Sementara itu, bagian belakang dibuat sedikit berbeda karena lampu bulat diganti dengan model memanjang horizontal. Dimensi kaca juga lebih mini dan landai, sementara bempernya dilengkapi dengan pembelah angin yang desainnya cukup ekstrem.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAris F Harvenda
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X