Kompas.com - 24/10/2012, 16:22 WIB
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Barangkali, ada yang penasaran dengan tulisan calon Yamaha V-Ixion baru karena kurang detail memaparkan perubahannya. Dalam tulisan ini, KompasOtomotif coba memberikannya. Selain itu, setelah diamati, tampaknya Yamaha berupaya mewujudkan masukan dari konsumen di Indonesia.

Kita mulai dari bagian kaki-kaki. Sepeda motor sport ini sudah memakai ukuran pelek lebar 2,50 inci depan dan 3,50 inci belakang, dibalut karet bundar ukuran 90/80 R 17 di depan dan di belakang 120/70 R 17.

Bagian paling enak dilihat pada tampilan panel indikator, yang kini lebih mewah. Selain itu, speedometer sudah tidak menggunakan kabel ke roda depan lagi, tetapi pakai sensor. Canggih!

Waktu putar kunci kontak, Yamaha melakukan inovasi dengan menyapa konsumennya melalui tulisan "Hi Bro" sebelum konsol indikator menyala. Menariknya lagi, Yamaha New V-ixion kini juga meninggalkan starter kaki (engkol) dan hanya mengandalkan starter listrik.

Langkah Yamaha ini terbilang berani. Pasalnya, Suzuki Thunder pernah kurang laris karena kekhawatiran konsumen kalau aki soak atau mesin tak bisa nyala. Belum ada tanggapan dari manajeman Yamaha terkait masalah ini.

V-ixion baru kini sudah dilengkapi sistem pendingin cairan dan sistem injeksi dengan sensor oksigen (O2). Jeroan knalpot kabarnya juga diperbarui, tetapi informasinya belum jelas dari pihak Yamaha. Pegangan belakang kini menyatu dengan fairing belakang, layaknya sepeda motor premium, sehingga tidak mengganggu garis lurus desain bodi secara keseluruhan.

Bentuk knalpot, terutama ujungnya, kini terlihat futuristik. Informasi lain yang diperoleh KompasOtomotif, bobot V-ixion lebih berat 4 kg dibandingkan model lawas karena perubahan ukuran ban, pelek, dan lengan ayun yang lebih besar. Namun, tampilannya bisa lebih kekar!
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.