Kompas.com - 24/10/2012, 08:38 WIB
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi GM Indonesia kurang afdol jika produk barunya All New Aveo tidak dijajal oleh para jurnalis. Uniknya, pengujian dilakukan bukan dengan perjalanan jauh atau berkeliling di dalam kota, melainkan memakai lahan di bekas atraksi Police Academy, Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara, kemarin (23/10).  Serunya lagi, impresi pertama yang disuguhkan kali ini dalam bentuk  slalom di areal seluas 500 meter persegi.

Terlihat delapan unit Aveo disiapkan untuk melintasi beberapa variasi trek, mulai dari jalan mundur, lintasan lurus, berputar membentuk angka "8", memasukkan bola tenis ke tong sampai jejeran kerucut yang harus dilalui zig-zag.

Eropa

Setelah menunggu beberapa waktu, giliran KompasOtomotif  menjajal Aveo LT putih berbekal mesin 1.4 liter DOHC, transmisi manual lima percepatan. Waktu pertama kali duduk di balik kemudi, pandangan mata langsung tertuju pada tuas transmisi yang kental nuansa Eropa. Gigi mundur (R) diposisikan sebelah kiri atas bukan kanan bawah seperti layaknya mobil buatan Jepang. Untuk menggunakannya, harus menarik tuas yang ada di bawah pentol transmisi.

Desain dasbor hatchback modern didominasi warna abu-abu gelap. Tombol pusat pengunci pintu (central lock) dan knop saklar lampu depan juga ada di dasbor (gaya Eropa). Posisi setir bisa diatur naik-turun berkat fitur tilt steering. Duduk di atas jok bergaya semi "bucket" membuat kesan sporty muncul. Kabin pengemudi Aveo relatif nyaman, tidak juga lega, tapi cukup untuk menampung postur 178 cm.

Responsif

Di atas lintasan Aveo ini terasa responsif. Tarikan awal hatchback berpenggerak roda depan di lintasan lurus terasa hentakkannya, injak rem lantas berputar 180 derajat ke arah balik. Dengan posisi transmisi di gigi 2, selanjutnya mobil berjalan membentuk angka "8" dalam kecepatan 10-20 kpj. KompasOtomotif tidak menggunakan bantuan rem tangan dalam melakukan aksi ini. Lingkar kemudi dan bantingan bokong mobil masih nyaman dikendalikan, lincah!

Selanjutnya, melakukan zig-zag pada jejeran enam kerucut yang tersusun rapi, juga mudah dilakukan. Dimensi panjang 4.039 mm , lebar 1.735 mm, tinggi 1.517mm dan jarak putar 5,25 meter sangat mudah melakukan manuver. Terutama kalau harus menghadapi jalan macet setiap hari, bisa selap-selip. KompasOtomotif menghabiskan waktu 1 menit 24 detik untuk menyelesaikan trek "fun" slalom kali ini.

Suspensi

Setelah seluruh peserta menyelesaikan "fun" slalom, rombongan kemudian bergerak menunju salah satu restoran masih di kompleks Ancol, Jakarta Utara. Kali ini KompasOtomotif berkesempatan duduk di belakang. Kabin belakang terasa cukup lapang masih bisa menggoyang-goyangkan lutut ke kanan-kiri waktu duduk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.