Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semenit "Slalom" Bersama All New Aveo

Kompas.com - 24/10/2012, 08:38 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi GM Indonesia kurang afdol jika produk barunya All New Aveo tidak dijajal oleh para jurnalis. Uniknya, pengujian dilakukan bukan dengan perjalanan jauh atau berkeliling di dalam kota, melainkan memakai lahan di bekas atraksi Police Academy, Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara, kemarin (23/10).  Serunya lagi, impresi pertama yang disuguhkan kali ini dalam bentuk  slalom di areal seluas 500 meter persegi.

Terlihat delapan unit Aveo disiapkan untuk melintasi beberapa variasi trek, mulai dari jalan mundur, lintasan lurus, berputar membentuk angka "8", memasukkan bola tenis ke tong sampai jejeran kerucut yang harus dilalui zig-zag.

Eropa

Setelah menunggu beberapa waktu, giliran KompasOtomotif  menjajal Aveo LT putih berbekal mesin 1.4 liter DOHC, transmisi manual lima percepatan. Waktu pertama kali duduk di balik kemudi, pandangan mata langsung tertuju pada tuas transmisi yang kental nuansa Eropa. Gigi mundur (R) diposisikan sebelah kiri atas bukan kanan bawah seperti layaknya mobil buatan Jepang. Untuk menggunakannya, harus menarik tuas yang ada di bawah pentol transmisi.

Desain dasbor hatchback modern didominasi warna abu-abu gelap. Tombol pusat pengunci pintu (central lock) dan knop saklar lampu depan juga ada di dasbor (gaya Eropa). Posisi setir bisa diatur naik-turun berkat fitur tilt steering. Duduk di atas jok bergaya semi "bucket" membuat kesan sporty muncul. Kabin pengemudi Aveo relatif nyaman, tidak juga lega, tapi cukup untuk menampung postur 178 cm.

Responsif

Di atas lintasan Aveo ini terasa responsif. Tarikan awal hatchback berpenggerak roda depan di lintasan lurus terasa hentakkannya, injak rem lantas berputar 180 derajat ke arah balik. Dengan posisi transmisi di gigi 2, selanjutnya mobil berjalan membentuk angka "8" dalam kecepatan 10-20 kpj. KompasOtomotif tidak menggunakan bantuan rem tangan dalam melakukan aksi ini. Lingkar kemudi dan bantingan bokong mobil masih nyaman dikendalikan, lincah!

Selanjutnya, melakukan zig-zag pada jejeran enam kerucut yang tersusun rapi, juga mudah dilakukan. Dimensi panjang 4.039 mm , lebar 1.735 mm, tinggi 1.517mm dan jarak putar 5,25 meter sangat mudah melakukan manuver. Terutama kalau harus menghadapi jalan macet setiap hari, bisa selap-selip. KompasOtomotif menghabiskan waktu 1 menit 24 detik untuk menyelesaikan trek "fun" slalom kali ini.

Suspensi

Setelah seluruh peserta menyelesaikan "fun" slalom, rombongan kemudian bergerak menunju salah satu restoran masih di kompleks Ancol, Jakarta Utara. Kali ini KompasOtomotif berkesempatan duduk di belakang. Kabin belakang terasa cukup lapang masih bisa menggoyang-goyangkan lutut ke kanan-kiri waktu duduk.

Di dalam kompleks Ancol, jalan yang di lalui adalah konblok sehingga permukaannya tidak rata. Dengan kecepatan 20-30 kpj, bantingan suspensi belakang terasa cukup keras. Beberapa kali kepala bahkan terbentur plafon mobil, waktu melalui polisi tidur tanpa rem. Kondisi ini juga menjadi jawaban mengapa ketika trek slalom, bantingan mobil terasa stabil!

Kesimpulan

Meski hanya memiliki waktu satu menit lebih, All New Aveo bisa dijadikan alternatif utama bagi penggemar segmen hatchback 5-penumpang, selain dari merek Jepang atau Amerika lainnya. Kelebihan desain wajah mobil yang terlihat macho dengan sepasang dua lampu bulat di depan juga dimilikinya.

Dengan bandrol Rp 168,8 juta untuk (1.4L LS MT), Rp 178 juta (1.4L LT MT) dan Rp 193,8 juta (1.4L LT AT), All New Aveo pantas masuk dalam pertimbangan konsumen sebelum mengambil keputusan! Jangan lupa mampir ke galeri foto untuk melihat kecantika Aveo terbaru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com