Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Exora Muka dan Mesin Baru

Kompas.com - 20/10/2012, 11:06 WIB

Sydney, KompasOtomotif – Rencana Proton  memproduksi Exora yang lebih bertenaga dan tampil dengan muka baru sudah diperlihatkan pada Australian International  Motor Show (AIMS), baru-baru ini. MPV Negeri Jiran itu ”mejeng” di sana dan disiapkan sebagai kendaraan tujuh penumpang paling murah dan value for money di Australia. Mukanya sudah "facelift" dan mesinnya dilengkapi peranti turbo!

Seperti dikutip CarAdvice, Proton Australia bilang bahwa nantinya Exora akan mengalahkan harga Kia Rondo, MPV termurah di Australia saat ini yang ditawarkan 25.990 dolar Australian atau setara Rp 259 jutaan. Pabrikan Malaysia memperkirakan harganya nanti tidak akan lebih dari 20.000 dolar Australia  atau kurang dari Rp 200 jutaan.

Muka dan Mesin Baru
Lihat bemper baru Exora, kisi-kisi udara bawah dan lampu kabut digeser agak ke tengah, dan di kanan-kirinya ditambahkan kisi-kisi udara vertikal. Garis krom pada gril yang tadinya di tengah, kini mepet ke atas. Lampu utama juga sudah agak kehitaman (smoked eyes). Di belakang, garis bemper juga diubah mengikuti garis depan. Lampu stop kini diselimuti mika putih di luar, sehingga berkesan lebih elegan.

Di balik kap, tersimpan mesin bensin pengembangan baru, 1.600 cc Turbo  yang sanggup meledakkan tenaga maksimum 140 PS dengan torsi 200 Nm. Bandingkan dengan mesin lama bertenaga 125 PS dan torsi 150 Nm. Dengan begitu, Proton mengklaim tenaga mesin baru ini setara dengan mesin 2.000 cc ke atas. Mesin itu berkolaborasi dengan transmisi otomatis CVT tujuh percepatan.
 
Fitur unggulan lainnya adalah adanya remote keyless entry, sensor parkir, kaca spion yang dilipat secara elektrik, cruise control, bluetooth, dan kamera mundur serta DVD player di varian tertinggi. Peranti keselamatan di dalam termasuk enam airbag, kontrol traksi di ban depan, electronic stability control (ESC), anti-locking brakes sytem (ABS), dilengkapi electronic brakeforce distribution (EBD).

Juli lalu, ketika KompasOtomotif menyambangi pabrik Proton di Shah Alam, Malaysia, Gunter Scherz, Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia mengatakan bahwa Indonesia akan kedatangan Exora Bold, yang sudah menggunakan mesin turbo. Mungkin inilah Exora yang dimaksud Scherz, dan siap datang ke Indonesia tak lama lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com