Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi, Mobil China Serbu Indonesia

Kompas.com - 09/10/2012, 17:19 WIB

Singapura, KompasOtomotif – "Gurihnya" pasar Indonesia membuat siapa pun "ngiler" ingin menikmati rasanya, termasuk pemain otomotif dunia. China adalah salah satu yang agresif, dan dalam waktu dekat akan masuk mobil merek Changan, melengkapi deretan yang sudah eksis seperti Chery, Great Wall, dan Geely.

Berita ini datang dari Singapura, setelah Tan Chong International (TCI), produsen aksesoris asal Singapura sukses memasok jok untuk mobil-mobil Changan di China. keberhasilan ini membuat TCI dipercaya Changan Automobile untuk mendistribusikan mobil-mobil Changan di kawasan Asia Tenggara.

Minggu ini, penetrasi di Singapura sudah berjalan meski belum mulai jualan, dan kabarnya akhir Oktober TCI sudah mulai bergerak ke Indonesia. Menyusul setelah Indonesia adalah Thailand pada November, dan Singapura di akhir tahun. Vietnam dan Filipina adalah destinasi selanjutnya. Malaysia tidak termasuk dalam daftar jangkauan TCI karena Changan sudah masuk sebelumnya oleh Changan Berjaya Auto.

Indonesia dan Thailand diharapkan menjadi pasar terbesar. Model pertama yang akan dikenalkan adalah Changan Honor, MPV tujuh penumpang dengan harga yang kemungkinan setara dengan Toyota Vios. Untuk Vietnam dan Filipina, kick off akan dilakukan dengan mengenalkan sedan Changan Eado pada kuartal pertama 2013. Penetrasi Asia Tenggara ini ditargetkan menjual 10.000 unit dalam lima tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com