Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Bekas Semakin ”Membumi”

Kompas.com - 09/10/2012, 14:03 WIB

Yogyakarta, KompasOtomotif – Moge bekas ternyata punya pasar sendiri dan perputarannya cukup besar. Seiring dengan bertambahnya klub motor besar, event yang semakin banyak hingga kenaikan popularitasnya, menjadikan bisnis moge bekas kian menggiurkan.

Big Bang Bikes (BBB), salah satu pusat moge bekas yang berkantor di Jl Plemburan B9, Ngaglik, Yogyakarta, merupakan salah satu pusat jual-beli moge bekas di seputaran Jawa. Penjualannya tak hanya melayani DIY dan sekitarnya, tetapi juga seluruh Indonesia. Pemasaran lewat dunia maya menjadi salah satu alternatifnya untuk menjangkau berbagai daerah.

”Tiga tahun lalu jual satu biji aja susah banget, sekarang dalam sebulan bisa lima sampai 10 sepeda motor . Dari jumlah itu, 10-20 persennya konsumen dari Yogya. Ya, kalau dibanding Jakarta kami masih jauh. Tapi paling tidak kami bisa melayani daerah-daerah yang bisa lebih dekat kami jangkau seperti daerah Timur dan bahkan Jakarta sendiri,” ujar Mardiono Awaludin, owner BBB.

Motor didapat dari pengguna lama yang sudah bosan dengan sepeda motornya, atau dari pemilik lama yang ingin naik kelas. Misalnya, puas menggunakan Harley-Davidson Sporster, ingin naik tingkat pakai tipe touring yang lebih besar dan berkelas. ”Nah, kebetulan, seri-seri sepeda motor yang ukurannya agak kecil itu justru paling laku. Banyak yang belajar naik moge pakai yang seken dulu, milihnya ya dengan dimensi yang tak terlalu besar,” jelas pria yang kerap disapa Dijon itu.

Ya, penjualan moge di daerah ternyata semakin menggeliat. Klub-klub lokal juga mendorong banyaknya pesanan untuk moge seken di daerah luar Jakarta. Itulah kenapa BBB melayani pemesanan sepeda motor jenis apa pun, asal diluncurkan minimal tahun 2000-an ke atas untuk menjaga mutu dan kondisi sepeda motor.

Sejak tahun lalu, dealer moge bekas mulai bermunculan. Mengklaim diri sebagai yang pertama di Indonesia adalah Moto8 yang berdiri di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dengan adanya BBB di Yogyakarta, moge bekas akan semakin ”membumi” dan menjangkau penggemar semakin luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com