Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota dan DENSO Kembangkan CAN-Gateway ECU untuk 86

Kompas.com - 06/09/2012, 06:01 WIB

Toyota City, KompasOtomotif – Kabar gembira bagi pemilik atau calon pembeli Toyota 86! Toyota Motor Corporation (TMC) dan DENSO Corp., bersama-sama mengembangkan alat komunikasi jaringan di mobil yang disebut ControllerArea Network (CAN) – Gateway Engine Control Unit (ECU). Alat ini digunakan untuk mengumpulkan data-data saat mobil dikebut dan selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk menciptakan simulasi virtual. Dengan cara ini, diharapkan pemilik 86 bisa mengemudikan mobil di sirkuit dengan cara baru!
 
Dijelaskan, data-data yang dicatat atau direkam adalah GPS, gerakan pedal gas, sudut gerakan setir, sinyal kerja rem, sinyal perpindahan gigi, putaran mesin, suhu pendingin dan kecepatan mobil.
 
Aplikasi Smartphone
Semua data dicatat oleh GPS di mobil bersama dengan perubahan data yang diperoleh oleh CAN dari ECU di mobil. Data dipindahkan secara nirkabel (Bluetooth) ke aplikasi yang diinstal pada seluler pintar (smartphone) atau peranti lain yang bisa dipantau secara langsung. Setelah itu, data yang berhasil dikumpulkan bisa digunakan sebagai panduan untuk mengemudi selanjutnya.
 
Para pengembang atau pembat peranti lunak (sopftware)  atau aplikasi juga bisa menggunakan data ini untuk membuat permainan atau aplikasi lainnya. Untuk ini, tidak diperlukan lagi protokol CAN yang rumit.
 
Rencananya, CAN Gateway-ECU ini  akan digunakan pada Toyota 86. Pengetesan akan dilakukan di Jepang pada musim panas tahun depan, khususnya bagi pemilik Toyota86 yang aktif membalap. Peranti ini akan diluncurkan atau dipasarkan menjelang akhir 2013.
 
Pengembangan selanjut yang akan dilakukan Toyota dan DENSO, data mengemudi pada berbagai sirkuit di Jepang seperti Fuji Speedway akan disimpan di USB flashdisk yang bisa dimasukkan ke permainan balap Gran Turismo komputer dan dan PS.

Data tersebut juga bisa digunakan untuk merancang ulang untuk mendapatkan waktu tercepat sesungguhnya di setiap trek. Misalnya, dengan memastikan jalur (line) yang tepat, kapan dan di mana pedal rem dan pedal gas ditekan!
 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com