Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Bangun Pabrik Komponen Mesin di Purwakarta

Kompas.com - 30/08/2012, 20:01 WIB

Purwarkarta, KompasOtomotif - Perkembangan dan penjualan truk memang tidak sepesat mobil penumpang atau truk kecil lainnya. Namun PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) bertekad mengenjot produksi truk untuk memenuhi permintaan pasar terus meningkat. Untuk menunjukkan keseriusan tersebut PT HMMI akan membangun pabrik baru di areal Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.
 
"Kita menambah investasi 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 286 miliar. Dana itu nanti akan kita pakai untuk membangun pabrik baru untuk memproduksi mesin-mesin truk Hino Dutro. Proses itu akan kita mulai pada akhir tahun ini dan diperkirakan selesai pada pertengahan 2013," kata Deputy Associate Director HMMI, Kristijanto, Kamis (30/8/2012).
 
Ditambahkan, sebagian besar komponen mesin masih didatangkan dari Jepang. Akibatnya, proses produksi menjadi lebih lama. "Ada lima komponen yang masih didatangkan dari Jepang. Kami menyebutnya 5C (cylinder head, crankshaft, connecting rod, cylinder block dan camshaft). Nah nanti di pabrik baru ini, komponen tersebutlah yang akan diproduksi. Nantinya diharapkan proses produksi truk Hino, khususnya Hino Dutro akan meningkat," lanjutnya.
 

Pabrik yang berdiri di lahan 25,5 hektar tersebut berkapasitas 75.000 unit per tahunnya. Kristijanto menargetkan hingga akhir tahun total produksi bisa mencapai angka 65.000 unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com