Mobil Murah Daihatsu Dipamerkan di IIMS 2012

Kompas.com - 03/08/2012, 07:26 WIB
ZBJ Mark Widjaja dengan karyanya Daihatsu A-Concept saat dipamerkan di IIMS2011

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor sedang berharap-cemas menanti janji pemerintah mengeluarkan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost and Green Car) yang belum kunjung keluar. Pasalnya, mobil ini sudah siap dan diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS), 20 September 2012.

"Sudah banyak pemegang kepentingan (stake holder) menanyakan hal ini. Kami juga menjadi salah satu pihak yang menanyakan kepada pemerintah. Butuh kepastian segera," komentar Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM di Jakarta, semalam semalam. 

Dijelaskan, gaung IIMS 2012 sebagai pameran otomotif bertaraf internasional, lebih didengar dunia jika adanya produk baru yang diluncurkan. Apalagi, produk itu hasil program pengembangan yang disiapkan pemerintah.

Wacana LCGC sudah berhembus dua tahun lalu. Belakangan, fokus pemerintah terbelah dan melirik teknologi lain untuk dikembangkan ke Indonesia, yakni mobil hibrida dan listrik. Semula insentif hanya untuk LCGC. Kenyataan, pada pertengahan 2012 melebar pada kendaraan ramah lingkungan dengan program baru Low Emmision Carbon Project (LECP).

"Kami tidak ada masalah dengan bentuk regulasi, seperti sekarang  digabung dengan insentif mobil hibrida dan listrik. Paling penting, harus jelas insentif dan ada perbedaan kategori," lanjut Sudirman.

Kolaborasi Ketiga
Dengan kesiapan Daihatsu meluncurkan LCGC, sekaligus menandai lahirnya produk kolaborasi ketiga antara Daihatsu dan Toyota di Indonesia. Mobil murah ini akan diproduksi ADM dan dipasok ke Toyota untuk dipasarkan dengan menggunakan merek lain. Konsepnya sudah ada pada Daihatsu Xenia-Toyota Avanza dan Daihatsu Terios-Rush.

 


EditorAris F Harvenda

Close Ads X