Jupiter Z1 Baru Lebih Mahal Rp 100.000

Kompas.com - 10/07/2012, 13:12 WIB
Agung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif — PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Jupiter Z1 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2012). Meski demikian, bebek kelas menengah generasi terbaru ini mulai dipasarkan pada akhir Juli 2012.

Dyonisius Beti, Executive Vice President Director YIMM, mengatakan, kami berambisi untuk kembali memimpin pasar bebek menengah dengan kehadiran Jupiter Z1. Kelebihan utamanya adalah keunggulan teknologi yang terkandung pada sepeda motor balap.

"Target untuk bulan ini kami mulai dengan 15.000 unit, berlanjut secara bertahap ke level 25.000 unit per bulan," komentar Dyon di sela peluncuran. Dikatakannya, tercapainya target penjualan juga berkaitan erat dengan keputusan pemerintah menetapkan uang pangkal (DP) minimum 25 persen untuk kredit sepeda motor.

Tampilan

Dari pernampilannya, Jupiter Z1 mengalami perubahan desain pada beberapa bagian walaupun tetap mempertahankan garis merah pada model sebelumnya. Seperti terlihat pada cover side dan leg shield yang kini punya kesan 3 dimensi. Lalu, desain lampu depan dan senja serta lampu sein pada tebeng depan terlihat lebih meruncing. Tak ketinggalan tampilan lampu belakang lebih sporty menghilangkan ornamen bulat pada model sebelumnya.

Begitu juga dengan desain speedometer dan grafis stiker yang lebih simpel dan modern. "Penambahan angka satu (1) pada Jupiter ini maksudnya untuk menegaskan posisinya sebagai pemimpin di segmen ini," jelas Muhammad Abidin, Assistant GM Technical YIMM.

Mesin pun tak luput dari sentuhan yang diklaim tenaganya terdongkrak sampai 20 persen. Lonjakan itu berkat teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology, dan Forged Piston. Teknologi ini mampu meningkatkan akselerasi dan torsi, yang sudah diaplikasi di motor trail Yamaha YZ450F.

Pada waktu yang sama, tingkat konsumsi bahan bakar juga lebih ekonomis 20 persen karena sudah mengaplikasi sistem pengabutan injeksi. Dengan berbagai sensor yang ada, tingkat asupan bahan bakar yang dibutuhkan ruang bakar jadi lebih optimal, efektif sesuai kebutuhan, jadi lebih irit.

Yamaha menawarkan Jupiter Z1 dalam lima pilihan warna dengan pelek palang, yaitu putih, biru, merah, hitam, dan hijau. Juga tersedia dua pilihan warna merah dan hitam untuk pelek jari-jari. Untuk harga, Yamaha mengaku masih belum bisa menentukan karena masih menunggu biaya BBN. Tetapi, dari informasi yang diterima KompasOtomotif di lapangan, banderolnya Rp 100.000 lebih mahal dari model sebelumnya. Jadi Rp 15,1 juta (pelek palang) dan Rp 14,1 juta untuk pelek jari-jari on the road Jakarta.



EditorAris F Harvenda

Close Ads X