Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sport Listrik Buatan Indonesia Segera Meluncur

Kompas.com - 10/07/2012, 06:31 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Indonesia segera menggebrak dunia otomotif dengan meluncurkan prototipe mobil sport listrik murni buatan lokal. Saat ini mobil tersebut masih dalam pengembangan dan ditargetkan meluncur pada Agustus 2012.

"Mobilnya baru jadi satu, 6 Agustus nanti selesai," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan kepada Antara, Senin (9/7/2012). Dijelaskan, prototipe tersebut dibuat di Kadipaten, Yogyakarta, dengan investasi Rp 1,5 miliar. Desainnya mirip Ferrari. 

"Pak SBY rencananya mau pesan. Nah, kalau Pak SBY pesan, saya senang," lanjut Dahlan. Dikatakan, prototipe mobil sport listrik ini masih dalam tahap pembuatan. Dahlan menyarankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebaiknya melakukan pemesanan menunggu hingga rakitan kedua atau ketiga.

PLN
Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) berencana membeli tiga unit mobil listrik jenis MPV buatan Dasep Ahmadi. Ketiga mobil akan digunakan untuk keperluan riset dan pengembangan. "Ketiga mobil listrik dibedakan dari warna, yaitu putih, hijau, dan hitam. PLN memang sudah punya roadmap. PLN pesan tiga sebagai prototipe. Nah, satunya saya pinjam," ungkap Dahlan.

Dijelaskan pula, PT Pertamina didorong untuk membangun sistem pengisian baterai mobil listrik, baik di kantor-kantor maupun di pusat perbelanjaan. Kemampuan mobil listrik ini, menurut Dahlan, bisa menempuh 150 kilometer untuk sekali pengisian baterai secara penuh dan normal.

Kemampuan baterai akan berlipat ganda seiring dengan pengembangannya, yakni untuk jarak 300 kilometer. "Saya akan beri tahu Pertamina untuk menentukan tempat pengecasan (pengisian baterai) di SPBU-SPBU," tutup Dahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com