Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM "Recall" Ratusan Ribu Unit Cruze

Kompas.com - 23/06/2012, 09:32 WIB

Amerika, KompasOtomotif - Salah satu raksasa produsen mobil Amerika general Motors melakukan kampanye perbaikan terhadap model global andalannya Chevrolet Cruze, produksi 2011 dan 2012. Jumlahnya mencapai 413.418 unit di Amerika dan 61.299 di Kanada. Ini bukan yang pertama, karena sebelumnya sudah pernah dilakukan tahun lalu, yakni April (2.100 unit)  menyangkut setir dan Mei (154.000 unit) dengan persoalan steering shfat.

Menurut manajemen GM, kemarin (22/6) bahwa sedan tersebut bisa mengalami kebakaran akibat adanya cairan dari oli mesin yang tumpah ke pelindung plastik di bawah mesin. Pihaknya, akan memodifikasi pelindung mesin di bagian bawah untuk mencegah cairan terjebak di kompartemen mesin, sebagai tempat asal api menyebar.

Langkah ini dilakukan setelah ada laporan dari Lembaga Lalu lintas Keselamatan Jalan Raya Amerika (NHTSA) yang telah melakukan penyelidikan pada awal April tahun ini. Ketika itu, terjadi dua kebakaran pada model Cruze 2011 dan 2012.

Dari kejadian itu, GM lantas me-recall 249 unit Cruze dari tahun model yang sama untuk memeriksa kompartemen di bagian belakang yang dapat mempengaruhi bagian belakang. Terutama struktur dek di bawah tangki.

"Yang paling penting bagi pelanggan bahwa kami bekerja secara proaktif untuk menjamin Cruze yang mereka beli sebagai mobil yang aman dan tahan lama," ungkap Wakil Presiden GM bidang kualitas global Alicia Boler-Davis. "Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat gangguan ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com