Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Indonesia Pensiunkan i20

Kompas.com - 22/04/2012, 10:05 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Saat pasar global saat ini menyambut Hyundai i20 facelift yang ditampilkan di Geneva Motor Show bulan lalu dan di Inggris dikabarkan dijual awal Mei, di Indonesia malah akan dipensiunkan. "Kan sudah ada Grand Avega. Mesin sama, fitur lengkap dan harga lebih terjangkau lagi," ujar Mukiat Sutikno, Wakil Presiden Direktur HMI saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (20/4).

Memang, saat ini dalam daftar harga HMI tertulis varian tertinggi Grand Avega Rp 173,5 juta sedangkan i20 Rp 193,5 juta. Padahal, keduanya sama-sama menggunakan mesin Gamma, 1.4-liter tenaga 108 PS. Begitu juga fitur-fitur, seperti layar informasi kendaraan, konektor USB dan iPod serta head unit 2DIN. Kendati harga lebih murah,  penampilan interior Grand Avega  lebih atraktif dan sporty. Kondisi itulah membuat HMI lebih mempertahankan Grand Avega.

Padahal i20 facelift menawarkan banyak fitur terbaru, di samping desain eksterior  yang kian sporty dengan desain lampu  berdimensi mini, logo dan layer pindah ke tengah serta lampu kabut dengan tambahan LED di sampingnya. Fitur tersebut di antaranya seperti remote central lock, sensor hujan, lampu depan otomatis, Bluetooth dengan perintah suara (voice command), setir dan tuas transmisi berbalut kulit serta kamera mundur. Sedangkan untuk sektor keselamatan ada 6 kantung udara dan kontrol stabilitas.

Untuk jantung pacu juga ada kemajuan khususnya dalam hal efisiensi BBM. Hyundai menyediakan varian mesin diesel 3 silinder, 1.1liter dan memiliki teknologi intelligent stop and go. Konsumsi bahan bakar diklaim 29 kpl dengan banderol mulai dari 9.995 poundsterling atau setara dengan Rp 139,9 juta untuk pasar di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com