Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binter Merzy Bergaya Euro Fighter

Kompas.com - 05/04/2012, 10:13 WIB

Malang, KompasOtomotif - Sekilas, siapa sangka, sepeda motor ini aslinya adalah Kawasaki KZ-200 alias Binter Merzy 1983. Karena itu, kreativitas rumah modifikasi Gladiator Custom Bike asal Kota Apel, Malang ini, tepatnya Jalan Margobasuki, Dermo Mulyoagung perlu diberi perhatian khusus. 

Sepeda motor ini dibangun berdasarkan konsep Euro Fighter, mengambil gaya naked bike namun dengan ekor buntung. Rangka utama atau main frame masih asli, hanya subframe atau bagian ekor yang dipotong. Untuk menambah kesan berotot, sisi samping ditambahkan besi pipa 1,5 inci dan dilas pada rangka utama yang berfungsi sebagai rangka samping (side frame).

Transformer
"Proses kerja yang sulit adalah menggabungkan perkawinan rangka dengan lengan ayun tunggal (single swing arm). Karena lengan tersebut lebih besar, rangka harus direnggangkan hingga 2 cm agar kaki-kaki berada tepat pada posisi simetris dengan rangka. Pembentukan rangka samping itu  itu selain untuk menambah sangar penampilan, juga sebagai dudukan subrangka baru. Tujuannya agar bagian belakang yang sudah buntung tetap kokoh menopang bobot pengendara," jelas sang modifikator,Teguh Rilistianto Handoko (26) alias Choco Gladiator.

Untuk bodi, Choco memberikan sentuhan desain yang sangar dari pelat galvanis 0,8 mm. Alhasil, mulai dari sepatbor depan, tangki, side strouth, pelindung mesin bawah, sampai buritan dibuat dengan bentuk sudut-sudut tajam, kecuali pada kedok Transformer yang didapatnya dari Gixxer.

Nah, sekarang yang tak kalah menarik adalah kaki-kaki. Penggunaan single swing arm dan pelek besar Triumph Speed Triple 1050, lalu garpu up-side down Kawasaki ZX10R membuat penampilan Binter menjadi tegar. 

"Penggarapan sepeda motor ini butuh waktu sampai 2 bulan. Pemilihan gaya Euro Fighter  karena di Malang masih belum ada yang membuatnya. Total dana yang dihabiskan untuk mengubah ujud Binter Merzy itu menjadi seperti ini sekitar Rp 50 jutaan. Kalau bagian bodi hanya Rp 5 jutaan," tutup Choco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com