Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Alihkan Produksi Fit ke Meksiko

Kompas.com - 30/03/2012, 15:38 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Terus menguatnya nilai tukar yen terhadap dollar Amerika, membuat Honda Motor Co secara bertahap terus memindahkan pabriknya ke luar negeri. Salah satunya, bangun pabrik baru di Velaya, Guanajuato, Meksiko yang akan memproduksi model Fit - di Indonesia dikenal sebagai Jazz - mulai 2014 dengan kapasitas maksimum 200.000 unit per tahun. Berarti, produksi Honda di Amerika Utara yang sebelumnya 1,63 juta unit, kini menjadi 1,87 juta unit dan Fit akan diekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara sekitarnya.

Selain itu, produsen mobil Jepang tersebut, seperti dilansir Autonews, kemarin (29/3) mengumumkan akan memproduksi generasi baru sportcar Acura NSX di pabrik Ohio, mulai Januari 2013 dan diprediksi sudah bisa dijual akhir 2014. "Honda akan segera memproduksi segala sesuatu dari sub-kompak sampai ke mobil super di Amerika Utara," jelas Rick Schostek, senior wakil presiden Honda America Manufacting Inc.

"Tahun lalu lebih dari 85 persen Honda dan model Acura yang dibangun pabrik Amerika, Kanada dan Meksiko terjual untuk pasar Amerika sendiri. Dengan pabrik baru ini diharapkan akan mencapai lebih dari 90 persen untuk tahun mendatang," tambah Schostek.

Honda Amerika  saat ini telah menjual Fit pada 2011 berjumlah 59.235 unit, naik 9 persen dibanding penjualan di 2010. Melalui pabrik baru ini diperkirakan akan menampung 3.200 orang pekerja baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com