Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner: Sulit Menilai Potensi Ducati

Kompas.com - 30/03/2012, 00:07 WIB

KOMPAS.com — Juara bertahan MotoGP, Casey Stoner, mengakui bahwa masih sulit untuk menilai potensi motor baru Ducati mesin 1.000 cc, Desmosedici GP12. Meskipun bekas timnya itu masih kesulitan sepanjang tes musim dingin, tampaknya tim yang bermarkas di Bologna itu bisa membuat kejutan pada seri pembuka MotoGP 2012 di Qatar, 8 April mendatang.

Ducati sudah melakukan perubahan yang radikal pada motor barunya tersebut. Jika pada musim-musim terdahulu Ducati selalu menggunakan sasis serat karbon, maka kali ini secara total menggunakan sasis konvensional aluminium tiang kembar. Perubahan juga dilakukan pada posisi mesin baru. Semuanya dilakukan untuk mengatasi persoalan front-end.

Akan tetapi, masalah understeer, yang juga merupakan momok bagi Valentino Rossi selama musim 2011, masih terus menghantui. Akibatnya, pebalap legendaris Italia itu tertinggal hampir 1 detik dari Stoner pada uji coba resmi terakhir di Jerez, akhir pekan lalu.

Hasil buruk itu merupakan kelanjutan performa kurang meyakinkan dari Rossi, yang juga dikalahkan pebalap tim satelit Ducati, Hector Barbera, pada uji coba resmi kedua di Sepang, pada awal bulan ini. Padahal, pebalap Spanyol itu tidak menunggang GP12, dan dia hanya menggunakan Desmosedici yang dipakai Rossi pada sesi tes di Valencia bulan November tahun lalu.

Nah, melihat kenyataan yang ada, Stoner tak mau terlalu berprasangka buruk tentang performa Ducati pada era perdana MotoGP mesin 1.000 cc ini. Kepada MCN, pebalap Australia itu mengatakan, "Tak mungkin melihat apa yang terjadi, dan di mana levelnya, ketika ada pebalap berbeda di posisi atas di setiap tes. Kesenjangannya pun berbeda dari pebalap terdepan.

"Semuanya masih sedikit baru, dan mereka sedang berusaha menemukan limitnya sehingga kita akan melihatnya saat seri pertama nanti."

Selama tiga kali uji coba resmi musim dingin ini, Stoner selalu menjadi jawara. Pebalap Repsol Honda tersebut tampil sangat konsisten untuk membukukan waktu terbaik sehingga dia tetap menjadi favorit terkuat untuk kembali merajai MotoGP 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com