Kompas.com - 28/02/2012, 16:09 WIB
EditorAris F Harvenda

Pune, KompasOtomotif — Diam-diam, Bajaj Auto melakukan kampanye perbaikan massal (recall) pada Pulsar 220s di India. Terindikasi bahwa relay starter listrik tak berfungsi dengan normal dan harus menekan tombol start berulang kali untuk menghidupkan mesin. Selain itu, suaranya terlalu "kasar".

Tanpa mengumumkan kepada konsumen, Bajaj mengambil langkah perbaikan pada komponen starter. Perusahaan juga tak mau menginformasikan berapa unit yang terindikasi terkena masalah, tetapi mereka mengaku hanya sebagian kecil.

Perbaikan ini sudah diumumkan ke semua jaringan penjualan Bajaj di India dan masuk tahapan pemanggilan konsumen ke bengkel resmi. Penggantian hanya membutuhkan waktu 15-20 menit dan gratis. Bajaj Auto sangat tertutup akan informasi yang sebenarnya positif bagi konsumennya sendiri.

Presiden Bajaj Auto Divisi Roda Dua K Srinivas mengatakan, peningkatan kualitas di perusahaan merupakan proses yang terus mengalir. "Meskipun produk itu bagus, tapi tak ada yang sempurna. Dengan alasan ini, kami terus memantau semua produk meskipun sudah lewat masa garansi 2 tahun. Baru-baru ini, kami menemukan ketidaksesuaian dari relay starter jadi perhatian kami," ungkap Srinivas, Selasa (28/2.2012).

Untuk menjangkau unit yang kena recall, Bajaj Auto menggunakan teknik SMS langsung pada ponsel konsumen. Sampai berita ini dikeluarkan, Bajaj Indonesia masih belum mau mengonfirmasikan berita ini. Sementara Rizal Tandju, Event & PR Manager PT Bajaj Auto Indonesia, belum mau membalas SMS ataupun menjawab telepon dari KompasOtomotif

"Saat ini kami masih mengonfirmasi berita tersebut. Jadi belum ada informasi lebih lanjut yang bisa kami berikan," ujar Rizal Tandju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.