Kompas.com - 20/01/2012, 14:50 WIB
Meletakkan dongkark di arm khusus untuk MPV dan SUV Meletakkan dongkark di arm khusus untuk MPV dan SUV
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Mendongkrak mobil, entah mau mengganti ban karena kempis atau ingin melihat kondisi bagian kolong, bukan pekerjaan mudah. Pemilik kendaraan bisa dibikin repot bila salah meletakkannya. Akibat lain,  komponen mobil bisa rusak.

Afat, Kepala Bengkel AFJ Motorsport di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, memberikan  tips penempatan dongkrak yang sesuai. "Sebenarnya, di buku panduan setiap mobil sudah ada petunjuk  peletakkan dongkrak yang baik dan benar. Bahkan ada pula tata cara mudah mengganti ban sesuai dengan karakter dan jenis mobil," jelas Afat.

Jika buku panduan sudah tak punya (hilang), mungkin informasi di bawah ini bisa membantu, terutama untuk model dongkrak (standar) berbentuk berbentuk ketupat.

Sedan
Posisi dongkrak  sudah disediakan di bagian kolong di bawah pintu depan (untuk ban depan) dan belakang. Di situ tersedia semacam lempengan besi baja yang nongol untuk dimasukkan ke lubang bagian atas dongkrak.

Jangan mendongkrak di bawah arm karena komponen tersebut. Karena, selain bahannya tidak kuat, ban tidak terangkat hanya sokbreker saja yang mendapat tekanan.

MPV dan SUV
Jenis MPV yang menggunakan kerangka sasis bisa dijadikan titik tumpuan untuk mendongkrak. Posisinya sama seperti di sedan, untuk roda depan di bawah kolong pintu depan dan roda belakang di kolong bawah pintu belakang. Kalau MPV bersasis monokok, posisi dongkrak sama seperti di sedan.

Selain di posisi tersebut, untuk MPV maupun SUV, arm depan di bagian dalam yang menempel sasis bisa digunakan sebagai tempat yang pas. Selain lebih kuat juga bisa mengangkat ban dengan baik.

Jangan lupa, sebelum mendongkrak pastikan rem parkir sudah aktif atau bisa dengan mengganjal ban dengan batu atau balok pada ban yang tidak didongkrak. Jika melakukannya di pinggir jalan pasang pula segitiga pengaman beberapa meter dari lokasi mobil sebagai penanda pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.