Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Suzuki Nex

Ringan dan Lincah

Kompas.com - 27/12/2011, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai prosesi peluncuran di pelataran parkir Hotel Mercure, Ancol, Jakarta (15/12), Suzuki Indonesia memberi kesempatan kepada jurnalis untuk mendapatkan kesan pertama di lintasan mini. Kompas Otomotif tak ragu ikut ambil bagian karena ingin tahu seperti apa karakter skutik entry level Suzuki ini.

Setelah mengenakan peralatan standar safety riding, first ride dimulai. Waktu duduk di sadel Nex, bokong tertopang penuh, meski tubuh tambun. Putar kunci kontak, tarik tuas rem belakang (kiri) dan tekan tombol start, deru mesin langsung terdengar. Getaran mesin halus, sampai-sampai tak terdeteksi di tangan saat pegang kedua grip setang.

Di samping terasa ringan, jarak pijak (dari tanah sampai dek) yang 135 mm membuat tapak kaki menempel sempurna dengan tanah. Cocok buat wanita dan sebagian besar orang Indonesia yang punya rata-rata tinggi 150 cm.

Ketika handel gas dibetot, tarikan bawah dan menengah dari mesin SOHC 4-Tak 113 cc cukup responsif. Sepertinya disesuaikan dengan karakter jalan di perkotaan yang macet (stop and go). Karena lintasan pendek tak bisa merasakan putaran atas dan coba dialihkan dengan melakukan manuver di tikungan dan zig-zag.

Dengan bobot motor cuma 87 kg, sangat mudah dikendalikan. Lincah! Jadi mudah meliak-liuk di kemacetan Ibukota. Sesuai dengan target pasarnya, Suzuki mau merangkul pelajar, mahasiswa dan khususnya wanita untuk konsumen Nex.

Namun, bodinya yang kompak membuat skutik ini tak cocok buat semua orang. Terutama untuk konsumen bertubuh tambun. Masalah yang dihadapi, putaran setang waktu membelok mudah bersentuhan dengan lutut sehingga tak nyaman.

Kesimpulannya, meski cuma berlangsung kurang dari 5 menit, sesi first ride Suzuki Nex kali ini cukup. Tak bisa eksplorasi lebih jauh. Karakternya tak terlalu jauh berbeda dengan merek lain di segmen sejenis. Mudah-mudahan bisa menyumbang referensi Anda waktu memilih skutik di pasaran. Tapi, untuk lebih pasti lagi, jangan sungkan lakukan tes  sebelum transaksi!

 


Spesifikasi Suzuki Nex

 

 

Dimensi
Panjang
1.850 mm
Lebar
665 mm
Tinggi
1.035 mm

Jarak sumbu

1.235 mm

Jarak pijak

135 mm

Tinggi jok

735 mm

Berat kosong

87 kg
Mesin
Tipe
 4 langkah, 1 silinder, pendingin udara

Sistem katup

 SOHC, 2 valve

Diameter langkah (mm)

51,0 x 55,2

Isi silinder (cm3)

113

Rasio kompresi

9,4

Tenaga maksimum

 94 PS/8.800 rpm

Torsi maksimum

8,7 Nm/6.500 rpm

Sistem bahan bakar

Karburator (BS22)

Sistem pengapian

CDI

Sistem starter

Elektrik dan engkol
Transmisi
 CVT/V-Belt

Kapasitas tangki

 3,5 liter
Sasis

Suspensi depan

Teleskopik, per ulir, peredam oli

Suspensi belakanB

 Tipe lengan ayun, per ulir, peredam oli

Rem depan:

Cakram

Rem belakang:

 Tromol

Roda depan

70/90-14 M/C 34P

Roda belakang

80/90-14 M/C 46P
Pelek
Casting wheel
Kelistrikan
AkI
12V (3,0 Ah) / 10 HOUR

Lampu depan

 12V 32W/32Wx1

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com