Membuka Tabir All-New Avanza-Xenia (Bagian 2)

Kompas.com - 08/11/2011, 07:11 WIB
EditorZulkifli BJ

Suspensi
Suspensi MacPherson strut, bagian atas per (spring upper) dipasang insulator. Tujuannya,  untuk mengurangi suara yang merembes ke interior.

Perbedaan mencolok selain desain lampu depan adalah gril radiator dan garnis foglamp. Avanza 1.3 G Plus kini dilengkapi dengan sensor parkir plus reflektor. Bodi bodi samping dipasangi pelindung samping(side moulding) berlapiskan krom. Sementatra Xenia, pelindung samping posisinya lebih tinggi dan sewarna dengan bodi.

Interior
Interior dirancang dengan dua warna (two tone), termasuk dasbor. Bagian atas gelap dan bawah terang (krim). Bagian bawah kini lebih menonjol ke arah penumpang depan atau pengemudi. Dasbor tengah, tempat head unit audio, juga berubah namun susunannya masih sama dengan yang Avanza-Xenia sekarang. Untuk mengaktifkan AC dan mengatur suhu dan tiupan angin (blower), potensionya tetap menggunakan model kenop bulat yang diputar.

Perubahan lain adalah desain setir. Selain jari-jari berubah, ketinggian lingkaran setir juga bisa diatur. Bagian yang mengalami mencolok adalah meter kombinasi atau panel instrumen dengan tiga bulatan. Speedometer berada di tengah dan tachometer meter di kiri. Sekitar lingkaran luar diberi warna amber (oranye) dengan angka putih. Trip meter kini bekerja secara digital

Kini, sandaran jok pada deret kedua (tengah) kini bisa disetel. Di samping itu, untuk melipatnya, saat penumpang masuk ke jok paling belakang, cukup dengan menekan satu mekanisme saja. Jok deret ketiga ini bisa dipisahkan dengan komposisi  50:50. Setiap jok dilengkapi dengan sabuk pengaman. Khusus Avanza 1.5 seperti sekarang, tetap dilengkapi dengan ABS.

Dimensi (mm)
Baru
Lama
Panjang
4.140 (4.150 matik)
4.120
Lebar
1.660
1.635
Tinggi
1.695
1.695
Jarak sumbu roda
2.665
2.655
Jarak pijak depan/belakang 1.425/1.435 1.405/1.415
Ground clearance
200
-
 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X