Toyota Luncurkan Mobil Mini Pertama, Pixis Space

Kompas.com - 26/09/2011, 15:18 WIB
EditorZulkifli BJ

TOYOTA CITY, KOMPAS.com — Inilah mobil kecil atau mini pertama Toyota, yang diluncurkan hari ini untuk konsumen Jepang. Untuk memproduksi mobil mini dengan desain kotak ini, Toyota tidak perlu repot. Cukup menyediakan label Toyota dan memasang pada bagian tertentu, misalnya gril, belakang, dan tentu saja di tengah bulatan setir. Mobil ini asli dibuat oleh Daihatsu, anak perusahaan Toyota yang terkenal degan keahlian khusus membuat mobil-mobil kecil.

Toyota mulai menjual mobil ini melalui 200 lebih jaringannya di seluruh Jepang. Ia dipasarkan dalam dua varian atau tipe, yaitu Pixis Space L dan X, yang bisa dipesan khusus, seperti Custom X, Custom G, dan Custome RS. Menurut Toyota, Pixis ditawarkan dalam delapan warna.

Kendaraan ini dirakit dengan tangan dan ditambahkan aksentuasi warna pada jok depan untuk menimbukan kesan canggih.

“eco-IDLE” Fitur khususnya adalah sistem “eco-IDLE” (fungsi stop-langsam) pada model X dan Custom G. Dengan teknologi tersebut, plus mesin 660 cc dan transmisi CVT, konsumsi bahan bakarnya diklaim 25,5 kg per liter (sesuai dengan standar tes pada Kementerian Perhubungan, Infrastruktur, dan Pariwisata Jepang (MPLIT).

Harga dimuai dari 1,10 juta yen (Rp 135 juta) dan paling mahal 1,611 juta yen (Rp 193 juta). Versi termahalnya memiliki mesin yang dilengkapi dengan turbocharger intercooler dan menggunakan sistem pemindah 4 x 4. Toyota tidak merilis data mengenai tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin.

Tambahan lain, khusus Custom X, Custom G, dan Custom RS menggunakan dua lampu vertikal tipe HID atau Xenon. Jarak sumbu rodanya 2.490 mm dengan panjang kabin 2.000 mm. Sementara itu, mobil dengan postur kotak ini termasuk ceper sehingga penumpangnya bisa memasukkan barang bawaan dengan mudah!

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X