SBY Minta Toyota Kembangkan Industri Otomotif

Kompas.com - 13/09/2011, 17:54 WIB
EditorZulkifli BJ

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ketika menerima CEO & President Director Toyota Motor Corp (TMC) Akio Toyoda dan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Dharmawan Danusasmita di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/9/2011), menyampaikan harapannya agar Toyota dapat mengembangkan industri otomotif di Indonesia. Industri otomotif yang terus berkembang dengan sendirinya akan menciptakan permintaan atas produk otomotif.

"Dengan demikian, perekonomian Indonesia semakin maju. Jadi, Toyota diharapkan berkontribusi bagi perkembangan otomotif di Indonesia," kata Juru Bicara Presiden kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/9/2011).

Seperti diberitakan, Toyota akan melakukan ekspansi sarana produksi dengan investasi senilai 385 juta dolar AS atau sekitar 30 miliar yen. Investasi tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi toyota dari semula 110.000 mobil per tahun menjadi 200.000 mobil per tahun dengan menyerap sekitar 7.000 tenaga kerja. Selain itu, Toyota juga akan memperluas jaringan distribusi untuk memperkuat penguasaan pasar.

Untuk itu, investasi pada jaringan distribusi direncanakan sebesar Rp2,9 triliun. Investasi yang diperkirakan juga akan menyerap 7.000 tenaga kerja digunakan untuk memperluas pembangunan pabrik ini juga akan meningkatkan permintaan dari suplier. Peningkatan terhadap suplier tersebut diperkirakan akan mampu menyerap 1.000 tenaga kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.