Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperempat dari Total Kecelakaan Mobil di AS karena Berponsel

Kompas.com - 14/07/2011, 09:03 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perhatian dan sekaligus peringatan bagi pengendara mobil yang punya kebiasaan menggunakan ponsel saat menyetir. Menurut Asosiasi Gubernur Keselamatan Jalan (Governors Highway Safety Association/GHSA) di Amerika Serikat, dari penelitian lanjutan 350 tulisan yang pernah dilansir sejak tahun 2000, 25 persen dari total kecelakaan kendaraan karena pengemudi sedang bertelpon.

Kemudian, hampir separuh waktu dari aktivitas mengemudi seharian terganggu oleh berbagai hal (termasuk menelpon), mengakibatkan cedera kecil sampai kehilangan nyawa. Sangat fatal, kala sedang mengemudi membuat pesan singkat (SMS).

"Meski sudah banyak tulisan terkait pengalihan perhatian pengemudi, masih banyak hal yang kita tidak tahu. Harus lebih banyak penelitian dilakukan untuk mencari solusi mengurangi atau menghilangkannya," jelas Direktur Eksekutif GHSA Barbara Harsha, seperti dilansir autoevolution (12/7).

Hasil penelitian ini juga menunjukkan, tak ada kepastian penggunaan hands-free bisa menurunkan risiko kecelakaan di jalan. Termasuk larangan ber-sms saat mengemudi berhasil mengurangi tingkat kecelakaan di jalan. Untuk itu, GHSA menganjurkan peraturan baru larangan total bagi pengendara penggunaan ponsel saat mengemudi.

Aksi ini mulai diberlakukan di beberapa negara bagian AS, termasuk 30 negara bagian di distrik Colombia sudah menetapkan peraturan ini. Selanjutnya, 41 negara bagian termasuk Washington DC baru mulai pelarangan sms di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com