Seperempat dari Total Kecelakaan Mobil di AS karena Berponsel

Kompas.com - 14/07/2011, 09:03 WIB
EditorBastian

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perhatian dan sekaligus peringatan bagi pengendara mobil yang punya kebiasaan menggunakan ponsel saat menyetir. Menurut Asosiasi Gubernur Keselamatan Jalan (Governors Highway Safety Association/GHSA) di Amerika Serikat, dari penelitian lanjutan 350 tulisan yang pernah dilansir sejak tahun 2000, 25 persen dari total kecelakaan kendaraan karena pengemudi sedang bertelpon.

Kemudian, hampir separuh waktu dari aktivitas mengemudi seharian terganggu oleh berbagai hal (termasuk menelpon), mengakibatkan cedera kecil sampai kehilangan nyawa. Sangat fatal, kala sedang mengemudi membuat pesan singkat (SMS).

"Meski sudah banyak tulisan terkait pengalihan perhatian pengemudi, masih banyak hal yang kita tidak tahu. Harus lebih banyak penelitian dilakukan untuk mencari solusi mengurangi atau menghilangkannya," jelas Direktur Eksekutif GHSA Barbara Harsha, seperti dilansir autoevolution (12/7).

Hasil penelitian ini juga menunjukkan, tak ada kepastian penggunaan hands-free bisa menurunkan risiko kecelakaan di jalan. Termasuk larangan ber-sms saat mengemudi berhasil mengurangi tingkat kecelakaan di jalan. Untuk itu, GHSA menganjurkan peraturan baru larangan total bagi pengendara penggunaan ponsel saat mengemudi.

Aksi ini mulai diberlakukan di beberapa negara bagian AS, termasuk 30 negara bagian di distrik Colombia sudah menetapkan peraturan ini. Selanjutnya, 41 negara bagian termasuk Washington DC baru mulai pelarangan sms di jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.