Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pembatasan Pembelian Mobil Baru di China

Kompas.com - 14/07/2011, 07:03 WIB

GUIYANG, KOMPAS.com - Guyang, ibukota Provinsi Guizhou akan menjadi kota kedua setelah Beijing (sejak Januari 2011) membatasi pembelian mobil baru, di China. Di kota pembatas mulai dilakukan Juli 2011. Alasan utama yang mendorong diberlakukan kebijakan ini adalah untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang makin tak terkendali di wilayah sebelah barat daya China.

Pemerintah Daerah Guiyang, seperti dilansir automotivenewschina (13/7), mulai bulan ini akan mengeluarkan semacam tiket lotre bagi masyarakat untuk mengundi siapa yang bisa memperoleh pelat nomor baru. Kalau Beijing memberikan kuota 20.000 unit per bulan, Pemda Guiyang belum menyebut angka.

Guiyang dengan populasi 3,7 juta jiwa, jumlah kendaraan yang aktif di jalan mencapai 616.000 unit, termasuk 330.000 mobil pribadi. Pemda menyatakan, jumlah kendaraan di jalan menyebabkan kegiatan ekonomi tak efektif karena terjadi kemacetan di mana-mana.

Meski tak sebesar Beijing, langkah Guiyang ini diperkirakan akan mengganggu pertumbuhan pasar otomotif nasional China. Dari kebijakan Beijing saja, Asosisi Industri Otomotif China memprediksi pertumbuhan pasar China akan turun drastis dari tahun lalu dari 37 persen menjadi 5,8 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com