Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Juara F1 Inggris, Vettel Kedua

Kompas.com - 10/07/2011, 20:28 WIB

SILVERSTONE, KOMPAS.com — Akhirnya, Fernando Alonso dapat memetik kemenangan pertamanya musim ini dan mengakhiri paceklik angka oleh Ferrari setelah ia berhasil menjuarai GP F1 Inggris di sirkuit Silverstone, Minggu (10/7). Pebalap Ferrari itu menyelesaikan lomba 52 lap seri ke-9 dengan total waktu 1 jam 28 menit 41,176 detik.

Apa yang diutarakan Alonso jelang lomba bahwa ia berharap Vettel bikin kesalahan untuk bisa memenangkan lomba terwujud. Kejadian itu berlangsung di lap 28 saat Vettel melakukan pitstop II untuk ganti ban bersama Alonso. Namun, saat itu Vettel kalah cepat masuk lintasan dengan Alonso, tetapi bukan karena kesalahannya, melainkan kru yang kurang cepat mengganti ban.

Alonso melejit ke depan dan memimpin lomba dan berhasil menyelesaikan lomba. Ini kemenangan pertamanya musim ini dan juga setelah ia memenangkan F1 Korea tahun lalu. Dengan mendapat tambahan 25 angka, kini pebalap Spanyol itu sudah mengantongi 112 angka, menggeser Button yang gagal mendapat angka karena gangguan mesin.

Vettel, dengan perjuangan gigihnya dari urutan ketiga, mampu menyalip Hamilton. Bahkan, ia sempat bertarung ketat sama rekan setimnya, Mark Webber, masuk lap terakhir. Tetapi, Vettel dapat mempertahankan posisi keduanya dan tetap memimpin klasemen dengan total 204 angka.

Adapun rekan setimnya, Mark Webber, harus puas finis ketiga. Hasil yang tidak jelek, karena sebelumnya ia berhasil melibas pebalap McLaren, Lewis Hamilton, dan ia kini menduduki peringkat kedua sementara.

Tontonan menarik dan sengit antara Massa dan Hamilton yang memperebutkan posisi keempat. Bahkan, keduanya sempat bersenggolan ketika menikung bareng. Jelang dua tikungan terakhir, Hamilton mengambil keuntungan dari kesalahan Massa yang menikung terlalu melebar. Bahkan di tikungan terakhir, Ferrari itu ke luar lintasan.

Jalan lomba

Hujan yang sempat turun membuat kondisi lintasan agak licin dan tikungan
tertentu masih ada air dan juga ada yang kering. Hal itu  tentu menjadikan dilema bagi pebalap. Para pebalap menggunakan ban intermediate dan kemungkinan akan masuk pit lebih awal untuk ganti ban slick jika cuaca cerah.

Start berlangsung mulus dan Vettel melesat sempurna sehingga dapat melewati rekannya jelang masuk tikungan pertama. Alonso yang coba menyelip di antara dua Red Bull dengan mengambil jalur di tikungan pertama luar gagal dan tetap ketiga.

Justru Hamilton tampil agresif. Pebalap Mclaren yang start dari urutan ke-10 ini pada lap ke-2 sudah mencapai posisi keenam. Bahkan rekan setimnya, Button, dapat disalip pada lap ke-3 sehingga membayang di belakang Vettel, Webber, Alonso, dan Massa. Ia sempat keluar lintasan dan dapat menjinakkan mobil masuk ke lintasan kembali sehingga posisinya tetap kelima.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com