Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Siapkan Investasi Tambahan di Indonesia

Kompas.com - 04/07/2011, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) tengah menyiapkan investasi tambahan di Indonesia guna membangun pabrik baru. Bocoran ini diperoleh Kompas.com dari Kementerian Perindustrian yang mengatakan produsen kendaraan komersil itu tengah melakukan studi kelayakan.

"Hino sekarang lagi menambah lahan pabrik, mereka sudah  mau investasi lagi," ujar Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin kepada Kompas.com, belum lama ini. Informasi itu diperkuat oleh sumber dari Hino bahwa sebentar lagi pihaknya  akan melaksanakannya (pembangunan pabrik barunya).

HMMI sudah menambah kapasitas produksi pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat pada 2009 dari 10.000 unit menjadi 35.000 unit dengan biaya investasi 64,8 juta dollar Amerika Serikat. Bahkan, kapasitas perakitannya tahun lalu sudah menembus 45.000 unit, sehingga mendesak adanya investasi tambahan.

Sayang, Saat ditanya berapa investasi dan total kapasitas produki yang dituju, baik sumber dari Hino maupun Budi Darmadi masih belum mau menjelaskannya. Di pabrik itu, HMMI selain memproduksi Hino dan Toyota Dyna untuk pasar lokal, juga memasok ke ekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com