Yamaha Bangun Pabrik Baru untuk Mengejar Honda

Kompas.com - 18/02/2011, 09:16 WIB
EditorZulkifli BJ

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Yamaha Motor Company membangun pabrik baru di Indonesia akhirnya ditanggapi Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti yang sedang mempersiapkan pembangunan pabrik, tetapi masih dalam tahap awal.

"Kami baru beli sebidang lahan. Untuk bangun pabrik tidak mudah dan tidak bisa cepat,” komentar Dyon semalam tanpa menjelaskan lokasi lahan.

Tujuan Yamaha melakukan investasi baru di Indonesia adalah agar dapat terus bersaing dengan  Honda. Pasalnya, kapasitas produksi Honda sudah  mencapai 4 juta unit tahun ini. Sementara Yamaha masih 3,6 juta unit.  Kalau ini yang terjadi, dipastikan Yamaha akan terus di belakang Honda!

Dyon menambahkan, investasi Yamaha di Indonesia berjalan seiring permintaan pasar domestik. Semula peningkatan produksi direncanakan pada 2010, tetapi terhenti karena prinsipal menilai masih ada sentimen negatif. Antara lain, kenaikan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan pajak progresif.

"Penambahan kapasitas dilakukan bertahap. Dimulai dengan 150.000 unit, setelah itu 300.000 unit dan 600.000 unit. Mengikuti pasar!" beber Dyon tanpa menyebutkan nilai investasi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X