Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Smart ForTwo 50 Unit Sudah Ludes

Kompas.com - 03/12/2010, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru sepekan diluncurkan, 50 unit Smart ForTwo yang dipunyai PT Mercedes-Benz Indonesia sudah ludes. Peminat terbanyak tetap dari Jakarta dan selebihnya Bali. "Mereka mayoritas pesan yang tipe Coupe Passion," ujar Yuniadi Hartono, Wakil Direktur Pemasaran MBI di Jakarta, hari ini (3/12/2010).

DI Indonesia, Smart ditawarkan dalam tiga varian, yakni Coupe MHD, Coupe MHD Passion, dan Cabrio MHD Passion dengan harga masing-masing Rp 219 juta, Rp 249 juta dan Rp 269 juta (off-the road). Harga yang cukup tinggi untuk ukuran kendaraan kecil, sementara konsumen di Indonesia masaih butuh transportasi yang bisa membawa keluarga (termasuk anak-anaknya).

Tapi, Yuniadi berkilah Smart merupakan produk unik yang menyasar ke konsumen yang ingin tampil beda. "Target kami adalah para professional yang tak memiliki jam kerja tetap," ujarnya .

Jumlah 50 unit, lanjut Yuniadi, merupakan total kuota yang diterima MBI untuk Indonesia pada 2010 saja. Sedangkan tahun depan, MBI menargetkan menjual 750 unit.

3 in 1
Menariknya, di ibukota terdapat peraturan 3 in 1 di jalan-jalan protokoler sepertri Jalan Sudirman, Thamrin dan Gatot Subroto tapi Smart hanya bisa untuk dua orang (pengemudi dan satu penumpang). Terkait masalah ini, Yuniadi tak mau berspekulasi dan tetap menganjurkan konsumen untuk mengikuti peraturan yang berlaku.

"Pokoknya dalam peraturannya kan 3 orang, jadi ya sulit. Untuk itu, segmen yang kita bidik itu unik dan pasarnya ada di Indonesia ini," tutup Yuniadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com