Benteng Berjalan Obama Ikut ke Jakarta

Kompas.com - 09/11/2010, 11:31 WIB
EditorBastian

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran presiden Amerika Serikat di negara mana pun selalu didampingi oleh berbagai komponen pengamanan, termasuk mobil kepresidenan. Artinya, Presiden Barack Obama yang hari ini tiba di Indonesia juga akan menggunakan mobil khusus Cadillac One yang juga dijuluki "The Beast".

Julukan mobil ini didapat karena sosok dan kekuatannya bagaikan monster. Wujudnya masih mencerminkan sedan limusin mewah Cadillac yang memadukan desain SUV Escalade dan sedan STS, tetapi di balik badannya terdapat sasis truk GMC Topkick. Jaraknya dari tanah menjadi lebih tinggi, yang juga membuat pandangan keluar menjadi lebih optimal.

Bukan AS jika mereka tak mengantisipasi kemungkinan serangan bersenjata pada pemimpinnya ini. Tak heran, mobil tersebut dibuat bagaikan benteng berjalan. Pintu setebal 8 inci, ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci yang sudah dapat menahan tembakan pistol Magnum kaliber 44 dari jarak nol sentimeter. Semua itu membuat Obama tetap aman di dalam mobilnya meski diserbu dengan bom dan pelontar granat.

Di dalam kabin terdapat sekat antigas beracun dan suplai oksigen khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia. Kabinnya bisa memuat tujuh penumpang, termasuk sang presiden. Dua orang duduk di kabin depan, sementara lima lainnya di kabin belakang. Terdapat sekat kaca di antara kedua kabin ini dengan tempat duduk yang berhadap-hadapan.

Tak hanya keselamatan, kenyamanan presiden juga dijamin dengan seperangkat sistem hiburan di dalam mobil berupa sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Bahkan, tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. Sebagai penunjang kerja presiden, sistem komunikasi canggih, termasuk komputer kerja presiden, disiapkan di dalam mobil ini.

Tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya. Koran Daily Mail Inggris sempat menyebutkan bahwa harga mobil ini mencapai 460.000 dollar AS dan menggunakan mesin diesel 6,5 liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.