Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benteng Berjalan Obama Ikut ke Jakarta

Kompas.com - 09/11/2010, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran presiden Amerika Serikat di negara mana pun selalu didampingi oleh berbagai komponen pengamanan, termasuk mobil kepresidenan. Artinya, Presiden Barack Obama yang hari ini tiba di Indonesia juga akan menggunakan mobil khusus Cadillac One yang juga dijuluki "The Beast".

Julukan mobil ini didapat karena sosok dan kekuatannya bagaikan monster. Wujudnya masih mencerminkan sedan limusin mewah Cadillac yang memadukan desain SUV Escalade dan sedan STS, tetapi di balik badannya terdapat sasis truk GMC Topkick. Jaraknya dari tanah menjadi lebih tinggi, yang juga membuat pandangan keluar menjadi lebih optimal.

Bukan AS jika mereka tak mengantisipasi kemungkinan serangan bersenjata pada pemimpinnya ini. Tak heran, mobil tersebut dibuat bagaikan benteng berjalan. Pintu setebal 8 inci, ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci yang sudah dapat menahan tembakan pistol Magnum kaliber 44 dari jarak nol sentimeter. Semua itu membuat Obama tetap aman di dalam mobilnya meski diserbu dengan bom dan pelontar granat.

Di dalam kabin terdapat sekat antigas beracun dan suplai oksigen khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia. Kabinnya bisa memuat tujuh penumpang, termasuk sang presiden. Dua orang duduk di kabin depan, sementara lima lainnya di kabin belakang. Terdapat sekat kaca di antara kedua kabin ini dengan tempat duduk yang berhadap-hadapan.

Tak hanya keselamatan, kenyamanan presiden juga dijamin dengan seperangkat sistem hiburan di dalam mobil berupa sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Bahkan, tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. Sebagai penunjang kerja presiden, sistem komunikasi canggih, termasuk komputer kerja presiden, disiapkan di dalam mobil ini.

Tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya. Koran Daily Mail Inggris sempat menyebutkan bahwa harga mobil ini mencapai 460.000 dollar AS dan menggunakan mesin diesel 6,5 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com