Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bison, Andalan Terbaru Isuzu di Segmen Pikap 1,5 Ton

Kompas.com - 05/05/2010, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), memperkuat jati dirinya sebagai produsen kendaraan komersial dengan meluncurkan produk terbarunya, pikap atau bak terbuka di bawah 1,5 ton, yaitu Bison hari ini (5/5/2010), di Permata, Sentul, Bogor. Sebenarnya, kendaraan ini sudah direncanakan  beberapa tahun lalu oleh Isuzu untuk dipasarkan, namun baru hari ini terlaksana.

Begitu melihat sosok Bison, sudah bisa ditebak, kendaraan komersial ini adalah kembaran dari Mitsubishi Colt L300 yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Begitulah kenyataannya! Kendati demikian, sebagai sumber penggerak Bison, Isuzu menggunakan mesin diesel dari produk andalannya, yaitu  Panther.  

Nah, dengan mesin Panther tersebut Isuzu berharap bisa bersaing dengan kompetitornya, baik dengan Mitsubishi. Mereka lain yang juga memasarkan pikap bak terbuka tanpa hidung (cab over) atau mesin di bawah jok pengemudi adalah Kia Big Up.

Nilai tambah yang ditawarkan Isuzu kepada konsumen Indonesia pada Bison ini adalah mesin yang digunakan, yaitu diesel 4, 4-slinder, injeksi langsung yang dilengkapi dengan turbocharger dengan standar emisi Euro2. 

Dibandingkan dengan mesin yang digunakan kompetitornya – sama-sama diesel - Bison unggul untuk tenaga dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Dengan Mitubishi Colt L300 - kapasitasnya sama -  Isuzu Bison unggul tenaga dan torsi. Sedangkan dengan Kia Big Up, tenaga sama, torsi lebih besar, namun kapasitas mesin Big Up lebih besar.

Sebenarnya, Isuzu  sudah punya produk bak terbuka 4x2, yaitu Isuzu Panther. Namun,  karena punya hidung,   ukuran bak dan daya angkutnya lebih sedikit. Sedangkan Bison karena tidak punya hidung, ukuran bak lebih besar. 

Isuzu memasarkan produk baru ini dalam tiga varian, yaitu  bak standar, bak rata dan mikro  atau dek  untuk bus atau bok. Target pasar  Bison adalah angkutan barang, misalnya pasar tradisionil, petani, nelayan, angkutan gas, toko berjalan, boks, ambulans, bus turis, angkutan umum dan sebagainya.

Spesifikasi mesin
Model
4JA1L
Tipe
Diesel
Kapasitas
2.499 cc
Diameter x langkah
93 x 92
Tenaga maks
80 @3.500 rpm
Torsi maks
19,5 @1.800
 
 Dimensi Bak
Panjang
2.470 mm
Lebar
1.600 mm
Tinggi
360 mm
Berat dengan beban
2.500 kg
Berat kosong
1.280 kg
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com