Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minerva Luncurkan R150 VX, Dibanderol Rp 16,5 Juta

Kompas.com - 27/04/2010, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu pemain kecil produsen sepeda motor Indonesia, PT Minerva Motor Indonesia (MMI), coba meraih atau mencicipi sedikit pasar sepeda motor Indonesia, yang diperkirakan tahun ini mencapai 6,5 juta unit. Menurut Presiden Direktur PT MMI Kristianto Goenadi, dalam jumpa pers setelah peluncuran produk baru tersebut di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (27/4/2010), berharap penjualannya tahun ini meningkat.

Tahun lalu, Minerva Sach—dengan nama Jerman—mengaku bisa menjual 49.000 unit untuk berbagai tipe. Dengan meluncurkan produk terbarunya, R150 VX, Kristianto memperkirakan, penjualan tahun ini mencapai 66.000 unit. Tahun lalu, Minerva hanya terjual 49.000 unit. Adapun penjualan pada kuartal pertama 2010 sudah mencapai 16.800 unit.

“Sampai akhir tahun, kami berharap bisa menjual produk baru ini 30.000 unit,” ungkap Kristianto. Keyakinannya itu didasarkan pada produk baru yang mengalami perubahan total dan tampil lebih gaya dan garang. Di samping itu, penjualan Minerva selama ini lebih banyak diperoleh dari motor sport.

“Kita memang fokus pada sepeda motor sport,” ucap Kristianto. Hal itu dibuktikan dari 60 persen total penjualan Minerva disumbangkan oleh R150 VX. Sementara itu, tipe sport dengan mesin 250 cc memperoleh pangsa 30 persen.

Berubah total
Menurut Kris, panggilan akrab Kristianto, Minerva R150 VX mengalami perubahan total dari pendahulunya, kendati masih sama-sama mengusung konsep full-fairing. “Rangkanya baru. Mesin juga mendapat sentuhan sehingga tenaganya bertambah,” beber Kris.

Ciri baru motor ini, bagian depan menggunakan dua lampu depan tipe proyektor, lampu sein tipe LED, dan garpu depan tipe upside down, sedangkan lalu suspensi belakang monoshock. Jok pengendara dan boncengan didesain terpisah (posisi tinggi rendah) yang dibuat dari bahan dengan permukaan kasar.

Kedua roda belakang menggunakan rem cakram berventilasi, spidometer digital, dan ban tubeless.

Ditambahkan, motor ini merupakan hasil desain Mangelli, Inggris, yang dinilainya jago merancang motor sport.

Mesin, kendati kapasitasnya sama dengan versi sebelumnya, 150 cc, yang sekarang lebih besar 1 PS atau menjadi 13,5 PS @9.500 rpm. Mesin ini dilengkapi dengan pendingin oli.

Di samping itu, untuk mencegah getaran mesin yang cukup keras pada versi lama, mesin sekarang dilengkapi dengan advanced balancer shaft atau as pengimbang. Ketika hendak dicoba beberapa wartawan, Kompas.com coba memerhatikan getaran mesin dengan seksama. Getaran mesin baru ini memang lebih halus.

Dengan wajah dan rangka baru, plus mesin yang disempurnakan, Minerva menjual R150 VX dengan harga Rp 16,5 juta (Jabodetabek) dan garansi sampai 3 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com